mas andre nih saya punya kisah lain lagi, ini terjadi di nederland. satu
- satunya pekerjaan yang tidak terlalu populer di nederland adalah
menjadi perawat. perawat disini bukan perawat yang bekerja di rumah
sakit, tetapi perawat yang merawat al; orang tua, anak - anak
terbelakang mental, atau merawat orang yang punya kondisi khusus,
pekerjaan ini tidak populer , bukan lantaran salaris nya tetapi suasana
kerjanya. itu sebabnya belanda setiap tahunnya selalu mengimpor tenaga
perawat dari negara - negara dunia ketiga , indonesia masuk didalamnya.
jadi perawat - perawat yang dikirim dari indonesia kebanyakan tidak
bekerja di rumah sakit, melainkan di rumah panti - panti ini.

saya pernah beberapa kali berkunjung ke rumah panti jompo, karena
yayasan ini akan bekerja sama dengan salah satu yayasan GKI di jateng.
jadi saya bisa lihat - lihat, bagaimana suasana didalamnya. coba mas
andre bisa bayangin tidak orang tua sekitar umur 90-an sudah tidak bisa
ngapa - ngapain, anda harus memandikan, membersihkan macam - macam,
mengangkatnya dari tempat tidur ke kursi roda, mengantar ke ruang makan,
menemani bicara dst, demikian besok dst hari demi hari seperti itu.

hal yang sama kita jumpai di rumah anak - anak yang punya cacat mental,
alias terbelakang. kondisinya setali tiga uang.

sekarang mas andre punya ide ngak bagaimana mengenalkan tuhan ke mereka
? pakai alkitab hehe... boro  boro bisa baca, mengenal dirinya sendiri
juga tidak bisa.

namun dibalik itu semua saya masih bisa melihat kalau tuhan menyatakan
dirinya ditengah - tengah mereka , melalui tangan - tangan orang yang
merawatnya. saya sendiri tidak tahu apakah orang - orang yang merawat
mereka itu kristen ( baca mengenal alkitab ?? ) , banyak suster - suster
dari indonesia yang bekerja disana bukan beragama kristen melainkan
islam, demikian perawat dari vietnam yang tidak jelas agamanya. namun
saya percaya kalau itulah cara tuhan mengenalkan dirinya kepada mereka .

ada satu kelompok anak muda yang lagi - lagi saya tidak tahu apakah
mereka kristen atau bukan, mereka mau tiap malam minggu datang ke rumah
yayasan anak - anak cacat mental ini , mengajak mereka ke kota ( down
town ) jalan - jalan di pusat kota, mengajak mereka bermain di park,
mengajak mereka menonton film, walau ngak jelas apa mereka mengerti atau
tidak.

melihat pemandangan seperti itu saya kok yakin kalau tuhan bekerja
mengenalkan dirinya kepada anak - anak itu melalui kelompok anak muda
ini. mungkin si cacat itu tidak mengenal nama yesus, kalau dikenalkan
juga tidak terlalu bearti, tetapi satu mereka bisa merasakan kasih tuhan
melalui tangan - tangan yang menolong mereka. sekali lagi saya tidak
tahu apakah anak - anak muda tsb berasal dari keluarga kristen atau tidak.

jadi kenapa kita harus terpaku sama alkitab untuk mengenal tuhan :))

surjo abadi