Tentu saja wajah Bumi yang tampak dari Bulan berbeda-beda, karena periode
rotasinya 24 jam, sementara periode rotasi Bulan jauh lebih lama yaitu
kira-kira 27 hari. Kalau seandainya periode rotasi Bumi dan Bulan sama, maka
wajah Bumi dilihat dari Bulan akan selalu sama.

Fase Bumi timbul karena posisi Matahari relatif terhadap Bulan dan Bumi,
btw.

Salam,
-tri-

2010/10/2 frank_the_hero <frank_na...@yahoo.com>

> Saya mengerti kalau fase bulan dilihat dari bumi memang mestinya
> komplementer dengan fase bumi dilihat dari bulan. Tapi kok data-data
> astronomi dan simulasi di akhir video itu menunjukkan kalau bumi berotasi
> ketika dilihat dari bulan? Atau jangan-jangan memang sisi bumi yang terlihat
> dari bulan tidak selalu sama? Mengapa kasusnya berbeda dengan fase bulan
> yang terlihat dari bumi?
>
> Mungkin ada astronom disini yang bisa menjelaskan?
>
> Salam,
> Frank
>
> ___

Kirim email ke