2010/10/31 Haryo Sumowidagdo <sumowida...@gmail.com>

> Setelah agak lama tidak melihat thread ini, baru saja saya kepikiran
> jawaban yang benar dengan argument yang sederhana:
>
> Muka bumi yang terlihat dari bulan berbeda-beda. Alasannya: Bulan purnama
> dapat dilihat dari seluruh permukaan bumi, selama bulan masih berada di atas
> horizon. Konsekuensi: permukaan bumi/wajah bumi yang dilihat dari bulan juga
> berganti-ganti.
>
> Haryo

Maksudnya ni apabila seorang pengamat di permukaan Bumi terus-menerus
menggeser lokasinya untuk menjaga Bulan terus-menerus berada di atas
horizonnya ya?

Kalau maksudnya begitu, hal itu memang betul. Tetapi ini terjadi karena
kecepatan rotasi Bumi lebih cepat daripada kecepatan rotasi Bulan dan
kecepatan revolusi Bulan mengelilingi Bumi.

Ini ada animasi yang keren buat ilustrasi:
http://www.edumedia-sciences.com/en/a520-sun-earth-moon (kalau kelamaan
ngeliat nanti disuruh beli sama yang punya lapak, btw. Di-refresh saja kalau
itu terjadi)

Bayangkan kita berdiri di satu titik sembarang di permukaan Bulan di mana
Bumi berada di zenith kita, lalu nongkrong  24 jam, terlihat bahwa dalam
periode 24 jam tersebut dari Bulan permukaan Bumi dapat terlihat seluruhnya.

Salam,
-tri-

Kirim email ke