Hooo, satu tambahan lagi dari saya. Komedi putar tetap berputar lebih cepat
daripada kecepatan sang ibu berjalan mengelilingi komedi putar.

Konsekuensinya, walaupun sang ibu berjalan mengelilingi komedi putar, tetap
saja beliau akan melihat komedi putar berputar (seperti halnya astronot di
bulan akan tetap mengamati bumi berotasi).

Mohon dikoreksi kalau ada yang salah disini.

Frank

--- In fisika_indonesia@yahoogroups.com, Eka Subyantara <eka.subyant...@...>
wrote:

> Pak Bey,
>
> Analogi yang bagus dan sederhana.
>
> Perkenankan saya memberikan sedikit modifikasi agar lebih mirip lagi ya.
>
> Pada sistem sebenarnya, bulan juga berrotasi pada porosnya dan menglilingi
> bumi .
> Artinya dalam analogi tadi si ibu harus mengelilingi komidi putar, tapi
> tetap menjaga wajahnya menghadap poros komidi putar. Dengan sendirinya si
> ibu akan terlihat berputar bila dilihat oleh orang lain (misalnya penjaga
> komidi puter). Buktinya berputar adalah, si penjaga akan melihat seluruh
> [...]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: