kalau di LN  pemerintah nya juga dukung pengusaha utk dapat  deal terbaik

Presiden amrik juga pernah kirim surat ke
presiden RI spy swastanya dapat deal terbaik kok

urusan dagang  spy win win dlm free trade  juga melibatkan pemerintah

kita harga dong niat agar  kalau ada yg
untung  secara ekonomis  atas virus  yg kita
berikan  ..lalu kita ada  dapat share nya

kok niat baik dimarahi...

tentu aja  yg  urusan komersiil
nantinya  diurus  dgn cara swasta walau bisa juga setengah swasta seperti BUMN

o ya bener nggak sih  issue ini Indonesia malah
didukung banyajk negara lain??  aku dengarnya sih begitu

dan bagi saya pribadi keinginan ini  sangat
wajar  aja kok .gak usah jadi di cap seolah terlalu nasionalis dan anti asing

HS