Bung titiek,

Pertama sijonathan itu pusingnya sama LGBT krn dia pendukung LGBT.

Dia gak pusing sama srikandi. Beda dengan bung dan saya diaman srikandi itu
sosok yg pemberani dipihak yg baik.

Jadi jelas beda sekali pandangan bung sama sijonathan itu.

Ini dasar asumsinya yg kelihatan dalam tulisan2nya yg membawa rajamnya islam
dan LGBT dari brunai ke Indonesia.

Kedua sijonathan itu tidak mengerti beda budaya vs kebudayaan. Dia asal jeplak
aja. Budaya itu cara hidup masyarakat yg turun temurun. Jadi budaya itu adalah
rasa, cara, cipta. Kebudayaan itu hasilnya, suatu system gagasan.

Makanya ada fakultas ilmu budaya bukan fakultas ilmu kebudayaan.

Sijonathan itu sangat terbatas pengetahuannya. Dia itu suka comot sana comat
sini dari google lalu diambil utk mendukung pendapatnya. Inilah dia yg saya
kritisi (dulu istilah digoblok2in sebelum himbauannya bung chan). Orang ini
sudah keterlaluan sombongnya.

Dia sama sekali gak ngerti ttg srikandi dan memang gak penting bagi dia siapa
srikandi ini. Dia itu hanya mau menggunakan srikandi sbg budaya Indonesia krn
ada LGBT.

Sijonathan itu gak ngerti sebetulnya srikandi itu bagian dari kebudayaan,
tetapi bukan budaya Indonesia. Sejarah yg mempelajari kebudayaan Indonesia
seperti srikandi didalam Mahabharata itu turun temurun diestafetkan dan
berlangsung dari generasi kegenerasi. Tetapi sijonathan itu tidak tahu bahwa
srikandi itu bukan budaya Indonesia krn aslinya srikandi itu berasal dari india
krn Mahabharata itu dari india.

Sijonathan itu banyak tidak tahunya alias ilmunya cetek. Hanya kesombongannya
saja yg bikin dia seakan2 tahu tetapi sebetulnya kosong isinya. Mahabharata
dimana ada srikandinya itu adalah epic disamping Ramayana. Tidak ada sejarah
kedua epic ini. Tetapi kalau mau mempelajarinya ya disebut ilmu budaya yg
mempelajari kebudayaan misalnya Mahabharata dan Ramayana.

Jadi ujung2nya memang gak usah dipersoalkan ttg LGBT itu sama sijonathan krn
bukan itu tujuannya. Tujuannya sekali lagi adalah mau sok pamer dan menghina
Indonesia bahwa rajam di brunai akan pindah ke Indonesia dijaman Jokowi..
Sedangkan dia yg buta tuli itu tidak melihat Jokowi menutup HTI yg adalah
gerakan Isfun ditimur tengah yg sudah dilarang diberbagai negara2 islam di
timteng. Dan lebih parahnya kelompok isfun ini dibelakang Prabowo. Coba
bayangkan sijonathan berpendapat kemungkinan Prabowo lebih kecil utk bikin
negara islam dibandingkan Jokowi. Lucu enggak?!!

Nesare