pak ...
sebelum masuk petronas saya tuh penasaran kenapa kok petronas yang belajar
dr pertamina bisa tampil lebih kuat dan progressive di bidang migas
dibanding sang gurunya sendiri yaitu pertamina..
sistem kerja, struktur, psc termnya hampir sama dengna pertamina (dulu)...
petronas punya PRSS (research) pertamina ada lemigas, semua kegiatan
reserach dan test lab dilakukan oleh PRSS
petronas ada downstreamnya pertamina pun ada... semuanya hampir sama hanya
di petronas semuanya lebih dikembangkan dan diperbaiki oleh petronas
sistem data, sistem karirnya sudah fix dan bersifat progressive, seorang
staff kalau merasa dirinya sudah sanggup masuk level manager maka dia bisa
apply langsung ke hrm petronas utk duduk dlm posisi itu yang kemudian
dinilai oleh team panel.... (hal yang belum saya tau ada di indonesia) jadi
para karyawannya terpacu utk bekerja dan membuktikan dirinya mampu...
salah satu kekuatan petronas adalah kemudahan mereka utk memberika data
kepada pers minyak dan gas... artinya asal utk kemajuan oil & gas malaysia
petronas akan dengan senang hati memberikan raw data yang dibutuhkan...
hampir setiap hari saya selalu melihat pertukaran posisi level manager di
petronas... setiap hari hrm posting posisi2 yang avaliable di intranetnya
petronas...

ada satu catatan lagi yang saya liat... dimalaysia tidak ada menteri sde
dan pertambangan, fungsi ini langsung dibawah petronas, dan petronas
berhubungan langsung dgn prime ministernya, birokarsi pun jadi terpotong
sehingga gerak petronas lebih gesit

Best Regards
Ujay
"sedang mencoba mencari tau kekuatan petronas"