Setahu saya terjadi lost circulation di atas bit depth bisa terjadi kalau MW di
naikkan setelah menembus formasi tersebut hingge bit depth, atau terjadi
penyumbatan di annulus.  Kalau tidak ada penambahan MW dan tidak ada
peningkatan pressure di annulus, maka dapat dipastikan lost circulation terjadi
at bit depth, bukan di atasnya, karena pada bit ada penambahan pressure dari
bit nozzle.

  Lain halnya kalau sudah ada zona lost di atas bit depth, kita tidak bisa tahu
secara persis apakah terjadinya lost baru pada bit depth atau aktifasi zona
loss di atasnya yang sudah ada.

  Jadi untuk mengetahui apakah lost di Kujung atau di atasnya perlu di cek,
apakah ada penambahan MW sebelum masuk Kujung dan  apakah ada peningkatan pump
pressure sebelum terjadi lost?

  BPJ

Rovicky Dwi Putrohari <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Sorri salah ketik dikit dan nambah.
Loss Mud itu hanyalah MW>> FP, tetapi bukan berarti FP < HP
MW = Mud Weight
FO = Formation Pressure
HP = hydrostatic pressure.

Yang saya duga terjadi adalah, Ketika masuk di Kujung terjadi loss,
mungkin bukan hilang masuk ke Kujung. Mungkin masuk ke formasi
diatasnya. Ketika loss selalu komplikasi dengan gain karena kolom
lumpur akan berkurang dan yg "nendang" berikutnya justru dari Kujung.

Kalau melihat air yg keluar, sepertinya air dari Kujung yang bercampur
dengan shale/clas diatasnya yang membentuk lumpur (mud) volkano.

rdp

--
How to win the game without breaking the rule --> make the new one !