Wow great !!
Ide bagus lagi memanfaatkan "potential pressure head".
Perlu dilakukan perhitungan ulang saja. Aku kok ngga yakin 2 M potential
head.
Berapa BJ lumpur (air+lempung), berapa perkiraan downhole pressure (kalau
dari sumur Porong-1) ada yg sekitar 16 ppg. Maka bila BJ lumpur 10 ppg,
potential headnya akan menjadi lebih dr 2 M tentunya ....  (duh wong geologi
ini kalau ketemu angka jadi mumeth :)
Kang Arif dihitung doonk ! Nanti aku buatkan gambar kartunnya :)

Fakta lain :
Saat ini hanya satu yg masih keluar .... bagaimana dengan lokasi-lokasi
lainnya ? Sebelumnya ada 5 titik kalau ngga salah. Mungkin perlu
mempersiapkan 5 selubung "raksasa". atau tanggul raksasa. Jangan sampai satu
nutup yg lain "hidup" lagi :(

Memang mestinya ide-ide ("gila") begini dicoba lebih serius dihitung dikaji.
Masukkan dalam sekena'rio' jangan hanya sekena'nya' aja. dan penanganan
tidak hanya satu tapi mesti dikerubutin.

rdp