Geothermal dan Kebijakan
Listrik<http://rovicky.wordpress.com/2006/05/23/geothermal-dan-listrik/>
23
Mei 2006 at 1:41 pm | In Energi <http://id.wordpress.com/tag/energi/> | 9
Comments<http://rovicky.wordpress.com/2006/05/23/geothermal-dan-listrik/#comments>|

[image: Quantcast]

* Anonymous
said…<http://rovicky.blogspot.com/2006/04/potensi-geothermal-vs-minyak-bumi.html>
Artikel yang bagus…
http://rovicky.blogspot.com/2006/04/potensi-geothermal-vs-minyak-bumi.html
mau nanya kira-kira kendala apa saja yang menghambat pengembangan panas bumi
ini di Indonesia ya Mas? dan bagaimana solusinya?
Fufu*

 <http://photos1.blogger.com/blogger/5344/444/1600/power2.jpg>Kendala utama
yg terlihat saat ini adalah belum terintegrasinya antara kebijakan energi
dan pelaksanaanya. Kebijakan Energi Nasional (KEN) 2005 sebenarnya sudah
mengatur hal itu semua. KEN mengatur hingga target kondisi energi di
Indonesia hingga 2025. Keterpaksaan “emergency /crisis stage” dengan alasan
waktu yg mepet, serta kekurangan modal masih sering menjadi alasan utama
ketika kebijakan/keputusan diambil untuk membangun sebuah pembangkit.
Problem lain ini bisa dipilah menjadi beberapa item dibawah ini yg juga
sudah diketahui sejak dari pertemuan tahun 2003, al :

   - belum terselesaikannya secara keseluruhan peraturan-peraturan
   pelaksanaan sebagai implementasi dari ketiga UU tersebut;
   Ada peraturan yg agak rumit antara perturan daerah dan pusat,
   peraturan/peruuan masalah energi dan bahkan dengan uundang-undang air tanah
   dll
   - subsidi BBM dan TDL yang belum sepenuhnya dihapuskan;
   Daya beli masyarakat menjadi kendala untuk menyelaraskan harga energi
   ini.
   - belum efisiennya sistim ketenagalistrikan;
   Efisiensi disini ada dua hal antara efisiensi karena memang masalah
   fisika (karena transmisi) dan pencurian serta tunggakan beberapa pengguna
   listrik PLN.
   - tarif dasar listrik yang berlaku saat ini belum pada posisi yang
   memberikan keuntungan yang layak, baik bagi PLN sendiri maupun investor
   listrik swasta;
   TDL ditentukan berdasarkan harga energi dan daya beli, ini akhirnya
   seperti telur dan ayam, mana yg didahulukan ?
   - belum terpadunya peraturan perundang-undangan lintas sektor yang
   mendukung kebijakan investasi di sektor energi termasuk peraturan daerah
   yang sering tidak sinkron dengan kebijakan pusat;
   - masih lemahnya kemampuan para perencana energi daerah untuk
   menganalisis kebutuhan dan penyediaan energi daerahnya. Selain itu,
   ketidakseragaman data serta terbatasnya fasilitas yang tersedia menjadi
   kendala bagi perencanaan energi daerah;
   Kebutuhan tenaga-tenaga energi di pemerintah daerah mestinya diantisipasi
   baik oleh dunia pendidikan dan maupun PEMDA sendiri.
   - peraturan perpajakan yang berlaku dirasakan masih memberatkan dunia
   usaha sektor energi;
   Investor yg masih belum mendapatkan income sudah harus membayar pajak,
   akan lebih menarik seandainya pajak akan diminta ketika nanti sudah mulai
   berproduksi
   - peraturan perundang-undangan yang ada diasumsikan belum dapat menjamin
   kelangsungan investasi dalam jangka panjang;
   Stabilitas politis menjadi kunci. SBY telah menunjukkan stabiitas lebih
   bagus ketimbang sebelumnya, semestinya investasi sudah tidak lagi konsen
   dengan politic stability ini.
   - minat berinvestasi di daerah masih kurang, investor yang ada saat ini
   maupun yang ingin masuk bukanlah investor yang sesungguhnya melainkan hanya
   sebagai broker.
   Selain itu di dunia ini penggemar energi geothermal tidaklah banyak.
   Sudah seharusnya Indonesia yg memilki potensi yang 40% dari cadangan dunia
   “leading” dalam pemanfaatannya serta riset-risetnya.

Kalau dirangkum uraian diatas, kendala utamanya masih masalah keekonomian
saat ini serta “*keberanian*” pemerintah untuk memberikan prioritas pada
energi geothermal “*bukan pada dasar keterpaksaan*“.

2009/11/24 basuki puspoputro <basuki...@yahoo.com>:

> Ben dan rekan2 lain,
>
> Permasalahan penggunaan energy geothermal, bukan pada teknologi atau
jumlah cadangan tetapi masalah keekonomian dan kebijakan, itu berjalan sejak
anak saya masih bayi sampai kini dimana anaknya anak saya sudah sekolah di
SD. Pengusahaan geothermal ujungnya adalah, terutama, untuk pembangkit
tenaga listrik. Nah listrik ini kerajaannya PLN, artinya kalau anda
menghasilkan listrik maka yang dapat anda lakukan adalah menjual listrik
kepada PLN atau anda menjual ke pihak lain melalaui PLN (tolong yang ke dua
ini diluruskan oleh rekan yang lebih faham). Kalau PLN maunya beli dengan
harga tertentu (baca rendah) per satuan, dan kalau ongkos produksi anda per
satuan lebih tinggi dari harga yang dimaui PLN, ya jual beli tidak dapat
terjadi. Dengan kata lain pengusahaan geothermal jadi seret berputar. Lebih
berat lagi, lokasi sumber daya geothermal biasanya terpencil, jauh dari
industri yang membutuhkan listrik. Hal ini akan memperberat keekonomian
proyek
>  bersangkutan.
> Kita dapat simak lapangan geothermal yang sudah jadi, berproduksi uap
untuk pembangkit listrik misalnya Kamojang dan Karaha Bodas. Kok
kelihatannya berkembangnya ya cukup lambat (semoga saya salah lihat).
> Kalau dalam forum diskusi sih seperti biasa pasti terdengar suara merdu
seperti "siap bekerja sama", menyambut baik, dapat dinegosiasikan dan
sebagainya.
> Jangan salah, saya berusaha turut mendorong pengusahaan / pemanfaatan
panas bumi ini, tenaga saya yang makin tua dan ringkih kelihatannya tidak
tahan menghadapi panasnya uap bumi itu. Yang lebih muda silahkan, hancurkan
barikade yang ada, bangun jembatan penghubung yang lebih membela kepentingan
bangsa secara keseluruhan bukan sektoral, dsb dsb.