Ini debat mengenai "kum" ini bisa ngarah ke debat kusir lho, apalagi di
komen seolah2 industri itu nulis untuk sharing knowledge dan tak bernilai,
apa bener begitu?

Subject pokoknya pak Awang punya usul untuk IAGI di Inggriskan, ada yg
setuju ada yg tidak, nah kalo kepepet ya di voting aja.

Kalau menurut saya, penggunaan bhs Inggris di forum ilmiyah itu penting
kenapa karena untuk dapat kerja dg gaji yg bagus basic bahasa Inggris ini
perlu, apa lagi lokal market sudah mulai saturated, shg lulusan geologi
perlu melongok ke SEA, ME Eropa, US dan Latin America. Dan fakatanya sudah
banyak alumnus Univ Indonesia yg melanglang buana spt itu, sebelum GO
International ga ada salahnya IAGI sbg wadah / training ground untuk ber
Inggris ria, Nah UUD khan (ujung2e duwit)

Sebagai tambahan yg pertama mengkonsep Seq.Strat adalah dari Industri bukan
dari kampus, ya orang industri kan lulusan kampus juga toh, gah usah repot
lah yg gini2 ini kok arahnya gengsi2 an antara kampus dan industri, sebenere
kampus dan industri itu sangat erat hubungannya melebihi saudara

Agak aneh kalo ada seorang peneliti yg ngga paham bahasa Inggris rasanya
ngga ada, itu setau saya, lha kalau memang tidak ada handicap ya monggo kita
pake bahasa Inggris di IAGI.

Suwun
Avi NPA 0666