apakah Rp. 150.000,- per tahun sangat berat? yang kalau dihitung per
bulan hanya sekitar Rp. 12.500,- sebagai pembanding voucher handphone
harganya Rp. 100.000,- per 3 bulan (termasuk masa tenggang).

tolong dipikirkan juga biaya maintenance server, gaji pegawai IDNIC,
biaya operasional, biaya tak terduga, dll.. selama 1 tahun.
kesemuanya itu tidaklah murah.

ya, kalo tetep mau or.id mau murah.. mesti di subsidi silang dari
cctld seperti co.id atau net.id. dan tentunya pendaftar or.id mesti
benar-benar dibatasi (khusus perseorangan + organisasi non-profit).

terus terang saya sangat heran dengan pola konsumen di Indonesia ini,
pengennya produk yang bagus tapi dengan harga sangat amat murah
sekali, plus maunya main untung.. mungkin karena 2 alasan ini, sampai
sekarang belum pernah saya melihat toko/penjual yang memberikan
garansi uang kembali (yang beneran) atau karena saya jarang shopping
yah? hehe.. (CUMAN KEHERANAN SAYA SAJA)

Markus
Web Hosting Indonesia
http://www.RevTI.com