On Mon, Aug 19, 2002 at 11:14:16AM +0700, Marno wrote:
> Taiwan memakai .com.tw, Australia juga memakai
> .com.au kalau tak salah :-) mungkin Indonesia bisa menerapkan hal begitu.

Tapi di sana tidak ada co.tw atau co.au :-)
Mereka *pasti* tidak mau membuka co.tw atau co.au he he he.

Ini adalah masalah selera / madzhab.

Ketika dahulu domain-domain di Indonesia sedang disusun kerangkanya
saya memilih com (aliran amerika). Tapi nampaknya kala itu pengelola
domain di Indonesia mengambil keputusan untuk menggunakan co.id,
seperti beberapa negara lainnya (uk, kr, dsb.)
Ya saya mengikut keputusan bersama saja.

Ketika saya meneruskan mandat pengelolaan domain, ya saya teruskan
sesuai dengan yang telah ada.
Saya kurang suka filosofi para birokrat kita yang kira-kira
ganti pimpinan (mentri), ganti anturan.

IDNIC memang fungsinya adalah mengeksekusi teknis dari aturan
yang dibuat oleh TLD-ID admin (dalam hal ini adalah saya).
Dahulu TLD-ID admin dan IDNIC adalah dua orang yang berbeda.
IDNIC memiliki kewenangan untuk mencabut kembali domain apabila
ada penipuan data (prasyarat) misalnya.
Dispute tentunya dapat diselesaikan oleh pengadilan.

Saat ini aturan-aturan masih tetap saya yang memutuskan.

BTW, saya juga ikut men-draft-kan cyberlaw :-)

> dan IDNIC juga tetap melakukan ajas first come first serve.

Selama memenuhi prasayarat, pak.