Ya, kayaknya di salah satu sci-fi lain juga ada yang hampir sama. Jadi air itu salah satu 'fasilitas mewah' yang hanya dinikmati oleh perwira level atas.... Apa itu di ST juga ya? lupa !.... Tapi waktu ST:Voy seasons awal sebenernya mereka juga punya banyak air, sampe Neelix bisa mandi dan minum sepuasnya... mungkin setelah lama jadi lebih banyak 'penghematan'...
======================== Ignatius S Wibowo [EMAIL PROTECTED] ======================== Visit www.artzdesign-studio.com Photography & Design services ----- Original Message ----- From: "Ario Wirawan" <[EMAIL PROTECTED]> To: <[email protected]> Sent: Tuesday, September 18, 2007 1:19 PM Subject: RE: Balasan: RE: [Indo-StarTrek] Re: Maybe, we are all aliens... Save The Earth!!! - Suggestion.... > AIR... Aer-aer... > > > > Sebetulnya tidak ada yang mengharamkan siapa pun pakai air. Tapi, ini IMHO > banget nih, kelihatannya sih di dunia Star Trek, air sudah dianggap tidak > praktis untuk masalah sanitasi. Not to mention kalah efektif dibanding > Sonic > (maksudnya lebih bersih pake sonic dengan katakanlah waktu mandi/mencuci > yang sama). Yang mandi atau cuci muka pakai air ini lebih merupakan luxury > yang tujuannya tidak lagi mengutamakan ke sanitasi. > > > > Bagi Riker dan Troi jelas dong. Tujuannya ke romantisme. Gue juga nggak > akan > peduli mau bersih mau enggak, kalo di bathtub beduaan Troi, pasti senang. > > > > Picard juga cuci muka bukan buat sanitasi pastinya. Lebih ke tujuan > menenangkan diri setelah mengalami mimpi yang begitu disturbing. Bahwa itu > ternyata di dalam mimpi juga ya wallahualam. Kalo diperhatiin, nggak semua > kru punya wastafel. Bahkan nggak semua ready room-nya kapten punya > wastafel > (In this case bahkan, nggak semua kapal ada ready room buat kapten.) > Makanya > menurut gue, air itu merupakan luxury, bukan lagi kebutuhan primer. > > > > Gue lupa juga apa di episode pernah disinggung mengenai sonic. Rasanya sih > pernah. Tapi yang gue yakin banget gue baca di novel-novel Star Trek, > banyak > disinggung tentang sonic shower ini. Bahkan laundry pun pakai sonic. > Pernah > di salah satu novel, Worf ngomong tentang Riker bahwa "The Commander bathe > once a week... in water." Yang nadanya sinis-sinis gitu deh. Menandakan > bahwa itu sebenernya bukan lagi kebutuhan sanitasi, tapi luxury, yang bagi > Riker juga pastinya bertujuan untuk menenangkan diri, relaksasi dan > sebagian > mungkin tradisi bahwa sekali-sekali orang harus mandi berendam di air. > Sementara bagi Worf, kemungkinan dia bersikap begitu karena menganggap > "bathing in water" adalah hal yang tidak berguna selain hanya untuk > memanjakan diri. Memanjakan diri akan ditanggapi dengan sinis bagi seorang > Klingon sejati. Bukan gitu, rekan-rekan Klingon? He he he... > > > > Ario > > > > _____ > > From: [email protected] [mailto:[EMAIL PROTECTED] > On Behalf Of Alidjaja Ivan > > > > > > cuci muka pake aer... > > -- > > di insurection, ada adegan bathtub si Riker...ehm..ini pake aer juga... > > ________________________________ > > From: indo-startrek@ <mailto:indo-startrek%40yahoogroups.com> > yahoogroups.com > [mailto:indo-startrek@ <mailto:indo-startrek%40yahoogroups.com> > yahoogroups.com] On Behalf Of Arlandi Landjono > > > > > seinget gue, utk soal bersih2 diri, baru di ST:First Contact > dikasih liat bener2 kalau Picard cuci > muka sehabis mimpi buruk. > > a.r.l.a.n > > > > > > [Non-text portions of this message have been removed] > >
