Pada sebuah tulisan, memang dihindari yg terlalu panjang, maka dicobalah
untuk dipersingkat dengan harapan, tidak hilang main konsept, tapi
kadang-kadang menciptakan confusing sehingga munculah tanggapan yg premature
dan tidak matching sama sekali.

Nah ini dia, mas Khoir dah mulai lihat sendiri salah satu kemungkinan
troublemakernya. J

Kemungkinan troublemaker lainnya, dan ini cuma nurut perkiraan saya yg
terbatas ini, kalo bisa ya mbok diusahakan sekali tayang langsung tuntas ke
ide utama yg sampeyan hendak utarakan lah. Jika pun terpaksa harus berseri
sebisa mungkin penggalannya tidak mengundang mis-interpretasi kepada poro
sederek pemirsa budiman disini. Mungkin kalo sebuah cerita novel ya tdk
sebegitu mengundang masalah bahkan mungkin malah ada nilai seni disitu, akan
tetapi oleh karena ini masalah agama, ya kan sampeyan tau sendirilah, dari
jaman baheula sampe sekarang hampir selalu yg satu ini dihadapi dengan penuh
sensitifitas tinggi. Kenapa? ya krn menyangkut believe system; dan setiap
orang akan membela mati-matian untuk mempertahankan believe system ini.

Sampai disini saya jadi sulit membayangkan betapa beratnya Rasulullah dulu
dalam bertabligh kepada umat beliau, padahal shidiq sudah, fatanah sudah,
amannah juga sudah.. apalagi kite-kite umat sisa-sisa yang cuma denger2
cerita dari sana dari sini. shidiq blom tentu, fatanah blom tentu, amanah
juga blom tentu. ya ampun ya Allah ya Rabb..

Tetapi lepas dari itu semua, saya cukup salut sama sampeyan yg cukup tegar
dalam menjelaskan sesuatu. Saya tidak melihat benar-salahnya tapi yg saya
lihat bagaimana usaha dan kegigihan sampeyan itu. Begitu juga dengan mas HS,
mas BS, mas WLP, mas AFR, mas AN, mas MS, mas DL, dan mas-mas lainnya yg
ribet kalo disebut atu-atu, yang dengan cukup sabar dan mungkin dengan
sedikit rasa gemas barangkali mencoba membaca dan kasih feedback, pokoke
ente-ente semua top dah.... J

Saya rasa hanya itu komen saya, kalo ada yg salah ya tulunk di maapin, entah
ini nyambung apa nggak dengan topik, pokoke ane tetep enjoy ajah.