silverhawk262 wrote:
> Kalo kasus nya kebalikan gimana yah ?
> hampir 60% dari incoming mail yang perusahaan saya terima adalah
> junk mail & spam.
> Untung kita memakai spam filtering di depan jadi banyak yang
> ketangkap , walaupun beberapa ada yang masih lolos sehingga perlu
> ditambahkan rules manual untuk spam jenis baru.
> Tapi lama-lama jadi bikin headache juga tiap hari ngeliatin traffic
> email yang full trus karena mail-mail ini jumlahnya ribuan per day
> dan menyebabkan bandwidth penuh sehingga email-email penting yang di
> tunggu user bisa ke delay 2-3 jam begitu juga email dengan
> [...]

1. Bagaimana setting spam filter di depan. Sekedar tips, bahwa mail2
spam yang masuk lebih baik di silently drop. Jangan di bounce, karena
akan "mengundang" lebih banyak abuse, dan malah tambah menuh2in b/w. CMIIW

2. Trafik spam yang masuk seperti apa yah? Ada backscatter? Jika kena
backscatter, lebih baik coba publish SPF record untuk domain anda spy
trafik semacam ini bisa berkurang.

3. Coba gunakan referensi2 RBL yang handal, lumayan untuk blocking IP
sender yg biasa mengirimkan spam sebelum masuk ke queue.

--
- Cygnus -