Mungkin cara yang anda tempuh kurang taktis.

Kalau anda lis semua asset software yang ada lisensinya, kemudian lis
juga jumlah lisensi yang seharusnya dibutuhkan.
Kemudian buat beberapa skenario:
- Kekurangan lisensi dengan membeli lisensi baru + rincian biaya
- Kekurangan lisensi dengan mengganti dengan software OSS + rincian
biaya (kalau ada).
- Campuran (software komersial + OSS).
- dan lainnya....

Lampirkan juga UU Haki dan highlight pasal-pasal yang kemungkinan
dilanggar dan sanksinya. Kalau perlu sertakan juga himbauan dari BSA
(lebih baik lagi lampirkan iklan BSA di Kompas cetak).

Serahkan ke Manajemen, dan biarkan mereka memilih skenario mana yang pas
buat mereka.

Apapun pilihannya, anda sudah mengingatkan. Minimal kalau itu
diperkarakan, anda sudah punya bukti tertulis untuk mengamankan posisi
anda.... :-)

Tapi memang tidak menyenangkan bekerja di perusahaan yang tidak
menghargai orang-orang IT. Karena tidak menghargai nilai software sama
saja dengan tidak menghargai orang-orangnya.

TR.

--
Teguh R
http://quantan.blogspot.com