> Cara paling umum diberi penghargaan, liburan, atau training. Kalo diberi
> uang sih tidak ada salahnya, asal ada aturan main yg jelas. Kalo gak ntar
> repot, ada karyawan yang ngiri kemudian dikit-dikit minta dibayar di luar
> gaji/bonus yg berlaku umum...

saya ada client, dia lawyer,

dan satpamnya sering dikasih uang tambahan,

lawyer ini salah satu paling terkenal di indonesia.

tebak apa yang terjadi

satpamnya ada yang super inisiatif, liburan masuk, sabtu minggu
masuk,kemarin kita audit

tebak apa yang terjadi

dia bisa buat perhitungan masuk kerja kan 8x5 hari , dia bisa buat
senin-rabu, sisanya overtime dan hari libur overtime

jadi gaji sebulan untuk kerja 8x3 hari, kok bisa 3 hari kerja, bayar
untuk 5 hari, karena senin selasa rabu dibuat overtime :) jadi hari
hari setelahnya overtime juga, :) alhasil 3 hari kerja, dapat gaji 3
bulan :)

sekarang semua satpamnya dipecat dioutsource ke satu perusahaan satpam.

ini kasus untuk satpam

ada kasus lain.

teman saya buka boutique, kalau ke senayan city ada tuh besar banget
tuh boutique, tahu apa yang dikerjakan shopkeepernya pas barang masuk,
yaitu barangnya dicatat hilang, dan orang bule dari luar itu kalau
barang kurang tinggal complain, dipotong

alhasil dalam 6 bulan ada 3 shopkeepr punya rumah baru :) dan sekarang
dipenjara ;)

ada kasus lain lagi

ada satu client saya, yang renteng dipecat dari direktur sampai staff,
karena sering salah beli barang, dan ini level management, kasus
diatas kan mungkin satpam dan jaga toko... :)  seru kan renteng dari
director sampai staff, semua dihajar habis.

seni hidup di indonesia itu bukan hanya teknikal management yang
lemah, tetapi juga HR development, negara ini kan salah satu yang
bayaran tarifnya murah, sama china aja murahan indoensia loh, tetapi
trust dan honestlynya paling rendah juga di asia pasific

kalau orang singapore itu kiasu, takut mati, sampai dia rela makan
teman, kalau di indo mitology ini untuk cina medan... tapi lucunya
saya malah kena kasus kerja gak dibayar jarang dari orang cina medan.

yah kalau kita sudah masuk ke mid management, akan merasakan

malah client saya ada CEOnya bilang gini, kamu baru ilang uang 1-2
juta mah sebulan kecil, pernah gak melihat 2-3 mliar koroupsi didepan
mata, dan kau harus buat cara agar wise mengatasinya, jadi gak bisa
main pecat.....

yah ini sekilas balik diluar development

makanya kadang banyak sekali kasus terutama di asia, owner sangat
percaya sama satu orang, walaupun dia tidak credible, dan malah tidak
trust sama yang credible, di asia itu emotional relationship tinggi
sekali.

hal ini terjadi pada frans yang dianggap extremem tidak friendly,
sanggar dan berbadan tinggi besar :) haha kalau ketemu sam, mungkin
orang pikir dia itu frans :) dan hebatnya banyak yang gak pernah
ketemu gue, dan gak pernah email dan gak pernah berhubungan dengan
frans.

hal diatas ini sering terjadi, di indonesia yang dianggap
pendidikannya lebih rendah dari regional ini (kalau temen saya di
australia bilang, the barbarian that know programming). maklum temen
saya ini yang bantu saya ke Sydney buat perusahaan, dan lelucon dia
yah seprti itu.

menarik kan kalau kitamelihat kita ini dari sisi dunia, :) mereka
semau gak ngerti kenapa kita pakai baju :)