Saya tanggapi.

--- fery zidane <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> bila kita menilik sejarah perebutan jerusalem adalah
> bagian dari perang salib..bukan perang antara Islam
> dan yahudi.

Anda membaca buku sejarah atau nonton filem Hollywood?

>   dan buktikan dalam sejarah bahwa sewaktu jerusalem
> berada dalam kekuasaan kekalifahan Islam orang
> kristen dan yahudi ditindas.

Sedangkan di zaman HAM sekarang ini saja non-Islam
pada ditindas di negara-negara Islam dan mayoritas
Islam, apalagi di zaman biadab.

Apa bukan penindasan dan penjajahan kalau kristen dan
yahudi di masa Kkekhalifahan Islam tidak boleh menjadi
pejabat, tidak boleh menjadi pemimpin? Apa bukan
penindasan kalau mereka "boleh didakwahi supaya masuk
Islam" tetapi sebaliknya diancam dengan hukuman mati
kalau mencoba menginjili atau ma-murtadkan orang
Islam? Apakah bukan penderitaan batin kalau anak-anak
perempuan mereka pada diperisteri atau di-Islamkan
laki-laki muslim, sedang mereka tidak boleh
memperisteri wanita Islam kalau tidak masuk Islam? Dan
apakah anda tidak tahu bahwa pemeluk Kristen dan
Yahudi membayar uang tunduk "jiziyah" yang berlaku
bagi warga jajahan kepada penguasa Islam?

>   kita bicara pada abad modern bung...dimulai
> sekitar awal abad 19, dimana peradaban dunia sudah
> diatur dg cikal bakal sendi2 modern spt HAM dan
> teritori.
>   kalau bung merasa bahwa tanah palestina dan tanah
> israel skrg adalah milik bangsa yahudi jaman "batu"
> dahulu...bisa kacau tatanan dunia skrng..krn

Jaman batu? Walaupun terjadi diaspora selama 1400
tahun tahun, pemeluk agama Yahudi tetap exist di
Kanaan. Paling kurang dalam jumlah minoritas kecil
mereka tetap hadir di tanah tumpah darah mereka itu
dari zaman ke zaman. Jadi bukan pergi sama-sekali. Dan
imigrasi dalam kelompok besar ke Kanaan sudah dimulai
sejak tahun 1880-an. Dan mereka bermukim dengan
membeli tanah kok, bukan dengan merampas begitu saja.

> australia, malaysia dan singapura akan kita caplok
> juga, krn daerah2 tsbt masuk dalam wilayah indonesia
> dlm zaman majapahit dan sriwijaya. dan bangsa
> amerika akan terusir dari USA krn daerah amerika
> adalah kepunyaan orang2 indian..
>   jadi sungguh naif bila kita bicara dahulu dan
> dahulu (jaman batu).

Dan secara de facto wilayah Palestina yang sudah
menjadi wilayah negara Israel itu sudah ditinggali
rakyat Israel, bukan? Kok harus membalikkan jarum jam
dengan menyuruh mereka enyah dari sana? Kok mesti
kembali ke zaman Siti Nurbaya?

>   jangan menutupi sejarah bung....saya yakin anda
> pun tahu bahwa yahudi mendapat tanah yang dijanjikan
> setelah dibantai oleh nazi atas restu UK, USA dan
> prancis (pihak pemenang PD I), dahulunya sebelum
> menempati jerusalem memang ditawarkan dua wilayah
> selain jerusalem adalah wilayah di amerika selatan
> (sekitaran argentina).

Sekali lagi bukan Yerusalem, Bung. Tanah Kanaan, yang
sekarang disebut Palestina. Manalah orang-orang Yahudi
itu mau ditawari Argentina atau Uganda. Dalam
sembahyang dan doa mereka sambil menangis-nangis yang
disebut-sebut selalu zion, zion, zion. Dan kitab suci
mereka mengatakan "Ke Zion-lah orang-orang yang
terbuang akan dipulangkan, dan disanalah mereka akan
bertemu dengan Yahweh". Ndak mau mereka Uganda atau
tempat lain yang ditawarkan Menlu Inggris Arthur James
Balfour. Mereka mau Zion tempat Yahweh bertahta,
Yerusalem, Tanah Suci Kanaan, The Holy Land.

>   sekali lagi anda janga menutupi sejarah yg anda
> tahu bahwa perang arab-isral selalu didukung oleh
> UK, USA dan france baik memalui angkatan perangnya
> maupun pelatihan2 dan pasukan bayaran juga mesin2
> perangnya.

Iya tentu dong. Kalau musuh-musuhnya mengandalkan
peralatan perang Sovyet yang sering diberikan
cuma-cuma, mereka juga berharap dapat persenjataan
dari Amrik, Inggris atau Prancis. Kalau dapat
cuma-cuma juga.

>   dalam perang yom kippur mesir  menggunakan
> MIG-21s, rudal rudal macam :SA-2, SA-3 dan SA-4,
> SA-6 dan SA-7 yang merupakan
> surface-to-air-missiles, juga ada RPG yaitu RPG-7s
> dan utk tank ada t-55 dan T-62.

Kapan saya mengatakan Mesir menggunakan Mustang?
Hehehe ... Sedangkan pada perang 1967 saja mereka
sudah menggunakan MIG-21.

> [...]
> akan pesawat penyerang baru untuk menggantikan
> Ilyushin Il-28 dan Yakovlev Yak-28, Prototip
> pertama, T-6-1 terbang pertama kali tahun 1967.
> Pengalaman tempur pertama didapat di Afghanistan
> tahun 1984. Sekitar 1200 Su-24 diproduksi. 447 masuk
> dinas aktif di AU Soviet sementara 130 di AL Soviet.
> Versi upgrade diberi kode Su-24M. Versi ekspornya,
> Su-24MK (Kommercheskiy, komersial), dijual ke
> beberapa diantaranya; 10 ke Algeria, 15 ke Libya dan
> 12 ke Syria, serta kira-kira 30an dijual ke Iran dan
> Irak. yg dihancurkan israel adalah nenek moyang

Amin.

>   jadi kapan ada dogfight antara pesawat2 tempur
> israel dan sukhoi generasi baru..?

Dalam pertempuran udara yang melibatkan ratusan
pesawat tempur jet di atas Lembah Beka'a Libanon bulan
Juli 1982 dimana 86 jet tempur Syria yang meliputi
MIG-25, MIG-23, MIG-21 dan SU-20 (bukan SU-7b)
ditembak jatuh oleh F-16 dan F-15 Israel.

> [...]
> bukan menggunakan SU-24 Fencer tapi menggunakan
> MIG-21 yg memang sdh usang. Memang sekitar 80 an
> MIG-21 Syiria yg usang banyak dirontokan israel
> setelah itu, tapi setelah syiria mengambil varian
> sukhoi yaitu SU-24MK dan MIG-29s belum pernah
> terjadi dogfight antara pesawat2 tempur israel dan
> syiria. F-15s israel hanya menembak sekitar 40 an
> jet tempur usang Syiria yaitu 23 MIG-21 fishbeds dan
> 17 MIG-21 floggers. begitu juga dg F-16 nya yang
> hanya mampu menembaki MIG-21 yg sdh ketinggalan
> jaman..coba deh sengatan MIG-29 dan SU-27 flanker.

Apa iya MIG-29 dan SU-27 begitu hebat? Angkatan udara
dan pilot-pilot Israel mungkin belum dapat kesempatan
menjajal mereka, tetapi menurut catatan Angkatan Udara
AS, USAF, selama Perang Teluk tahun 1991, F-15C's
menembak jatuh 34 jet tempur Iraq yang meliputi: 2
Su-25 'Frogfoots', 4 Su-22 Fitters, 1 Su-7, 5 MiG-29
'Fulcrums', 2 MiG-25 'Foxbats', 8 MiG-23 'Floggers', 2
MiG-21 'Fishbeds', 6 Mirage F1, dan 1 Il-76.

> Ya memang banyak jatuh korban dan pesawat dari pihak
> mesir ketika tahun 1967..tapi itu krn jazirah arab
> sdh dikepung oleh kapal2 induk USA dan UK.

Israel tidak memerlukan bantuan kapal induk AS dan UK.
Buktinya hanya dalam enam hari perang selesai.

>   Untuk pengetahuan anda bahwa dlm Yom Kippur war
> pihak israel tdk menggunakan F-15 dan F-16, yg mrk
> gunakan adalah A-4 Skyhawk buatan BAe UK, F-4
> Phantoms II buatan US, Dassault Mirage III buatan
> france, Dassault Mystere IV juga dari france.

Kapan saya mengatakan Israel menggunakan F-15 dan F-16
pada Perang Yom Kippur? Israel baru menggunakan F-15
dan F-15 pada Perang Libanon pada awal 1980-an. A-4
Skyhawk itu juga pesawat buatan AS, bukan Inggris.

>   isarel menyerang Iran..? tentu saja bisa..kenapa
> tdk...tapi knp tdk dilakukan.
>   dg rudal2 jarak jauh nya israel mampu menjangkau
> seluruh wilayah Iran toh...tapi jangan salah...
> sebaliknya dg mudah rudal2 iran akan meluluh
> lantakan seluruh wilayah israel dg mudah. Pesawat2
> tempur dan pembom2 israel dg mudah dpt mencapai Iran
> dan menyerangnya bukan..? ya tapi dg mudah misille
> darat ke udara Iran bagaikan meremukan sebuah tahu
> dan secepat kilat ratusan pesawat2 pemburu dan
> pembom Iran meluluh lantakan seluruh wilayah
> israel...kenapa tdk israel lakukan..?

Darimana Iran punya ratusan pesawat pemburu dan
pembom?  Paling mereka punya F-14 Tomcat yang tak bisa
terbang karena sukucadangnya di-embargo Amerika.
(Seperti 10 biji F-16 Indonesia yang hanya dua yang
bisa terbang karena embargo suku-cadang.) Ditambah
beberapa belas SU, MIG dan F-7 buatan Cina.

Saya katakan, SEANDAINYA Iran bertetangga langsung
dengan Israel, maka kota-kota Iran akan dapat
diremukkan angkatan udara Israel dalam waktu tidak
terlalu lama. Kalau sekarang tidak mungkin, karena
jaraknya jauh. Pesawat-pesawat pembom tempur Israel
paling kurang perlu menambah bahan bakar satu kali di
udara untuk melancarkan gempuran ke Iran. Jadi
gempuran yang melibatkan ratusan pesawat agak sulit.
Kecuali Arab Saudi atau pemerintah Iraq mengizinkan AS
membuka pangkalan udara Dahran atau Bagdad bagi AU
Israel untuk melancarkan serangan.

> krn mereka
> waras dan tahu betul akibatnya kalau nyerang
> Iran...klo ga percaya cobai

Mereka nunggu Iran menyerang kok. Kan katanya
Ahmadinejad mau menghapuskan Israel dari peta. Untuk
itu dia berusaha membuat senjata nuklir dengan proyek
pengayaan uranium. Karena konon Israel paling kurang
punya 200 hulu-ledak nuklir yang diproduksi di reaktor
nuklir Dimona.