Jangan asal mau dituntut melakukan hal hal yang NGGAK PENTIng. Pembuktian ini
harus dalam PERJANJIAN. Jika memang terbukti bahwa lagu itu milik Indonesia,
maka malaysia dilarang untuk tidak mengakui hak hak milik INdonesia lagi. Jika
terjadi lagi, harus ada konsekuensi khusus, bisa kita menta pulau dia satu satu
balik.

  Camkan ke Malaysia, bahwa memang Indonesia saat ini sedang sakit. Sebagai
tetangga, boro boro dia bisa jadi dokter, tapi malah jadi maling satu satu
punya INdonesia. Kelak jika kita sudah sembuh, kita harus bangkit or, kita bisa
'malingi" balik .

  Mhhh...cepe deee...

whiskydoo2000 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          kita udah kehilangan Pulau Sipadan ... belum lagi alat musik angklung
dan batik yang seenak2nya diaku sama negara yg katanya serumpun.
sekarang lagu "Rasa Sange" mau juga dicaplok sama Malaysia. kenapa sih
... pemerintah gak pernah belajar dari masalah yang kemarin2 ... ??? apa
perlu kita kembali ke jaman Bung Karno ... GANYANG MALAYSIA

--- In mediacare@yahoogroups.com, urban opini <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> Ketika Menbudpar kita menanyakan hal ini
> justru pihak sana yang minta "Pembuktian Terbalik" ghuhahaha
> Apa benar kalau lagu "Rasa Sayange" milik Indonesia
> Bukan sebaliknya....
>
> Kok Menbudpar mengiyakan permintaan Malaysia
> Kok... kita yg mesti repot-repot mencari pembuktian
> sementara Malaysia ongkang-ongkang kaki merasa tidak bersalah
> Walah....
>
> Kalau memang demikian...
> Terlanjur basah neh...
> Yuk... rame-rame kita ngumpulin bukti
> Dari musisi... tuh dikoordinasi sama Andre Hehanusa, Christ
Pattikawa dan Enteng Tanamal
> Musikolog juga dikumpulin deh... gimana kalau Bang Rizaldi n the
genk
> Wartawan hiburan... nah urusannya bos Ludi, Remy Soetansyah, Miller,
Bens Leo, Denny Sakrie n the genk untuk ngumpulin data...
> Nah... semuang ngumpul dan berkoordinasi deh.
> Kita lawan tuh negara tetangga
>
> yuk... kita buktikan kalau kita ini masih punya harga diri (yang
tersisa)

> Urban
>
> Note: forwarded message attached.
>

> ---------------------------------
> Got a little couch potato?
> Check out fun summer activities for kids.
> refleksi: Kalau ada arkif musik, mungkin bisa dibuktikan dengan
piring hitam musik hawaian Rudy Wairata atau lain yang dibuat pada
tahun 1950-1960an. Tiap anak atau orang di Maluku pasti bisa menyanyi
lagu tsb. Apakah di Malaysia juga demikian.

> HARIAN ANALISA
> Edisi Kamis, 4 Oktober 2007
>
> Malaysia Minta Bukti 'Rasa Sayange' Lagu Milik Indonesia
>
> Jakarta, (Analisa)
>
> Mendbudpar Jero Wacik mengaku telah berkomunikasi dengan Menteri
Kebudayaan Malaysia tentang lagu Rasa Sayange.

> "Mereka bilang, kalau Indonesia bisa membuktikan, mereka akan
melakukan sesuai kewajibannya," ujar Jero Wacik kepada wartawan sebelum
menghadiri rapat kabinet di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara,
Jakarta Pusat, Rabu (3/10).

> Sebelumnya Menteri Kebudayaan dan Menteri Pariwisata Malaysia
menyatakan bahwa lagu yang di negeri jiran bernama Rasa Sayang itu
adalah lagu rakyat yang biasa terdengar di Kepulauan Nusantara (Melayu)
yang merupakan warisan leluhur. Jadi bukan milik Indonesia semata.

> Jero menuturkan, menggugat kepemilikan lagu tersebut bukan perkara
mudah. Apalagi Indonesia tidak punya bukti. "Kepedulian kita pada hukum
(hak cipta) masih rendah," kata Jero.

> Jero mengaku dirinya telah mengecek lagu Rasa Sayange yang digunakan
Malaysia sebagai tema kampanye pariwisata Truly Asia.

> "Saya cek no name. Kalau didengarkan lagu ini memang seperti lagu
Ambon, Manado, Melayu, karena budayanya mirip-mirip," ujarnya.

> "Sekarang bagaimana kita buktikan kalau itu karya kita. Kita masih
mengumpulkan data," ujarnya.

> Jero menyatakan puluhan ribu karya budaya belum didaftarkan hak
ciptanya. "Saya berkali-kali minta para seniman kalau punya karya budaya
cepat didaftarkan agar tidak mudah diklaim. Dan kalau diklaim, kita
mudah menuntutnya," paparnya.

> "Saya minta para seniman Ambon, beri saya bukti. Kalau ada, agar bisa
kita gunakan. Tanpa bukti kita akan sulit," demikian Jero

Fussy? Opinionated? Impossible to please? Perfect.  Join Yahoo!'s user panel
and lay it on us.

Kirim email ke