Masalah urusan cepat mungkin yg paling cepet di Singapore, saya buka account di
bank cuma kasih passport, sama Employment pass, tinggal tanda tangan doang. Semua
mereke yg ngisiin, sesudah mereka tanya "Are you local ?" di jawab no. TInggal
pencet mesin utk PIN. Jadi deh..nggak lebih dari 10 menit.

Kalau mau apply handphone juga tidak lebih dari 20 menit langsung nyala. Yg ini
memang ada verifikasinya, tapi cepat sekali. Karena itu nggak heran exportir
banyak yg melalui negara ini. Nggak cuma urusan begini, di foot court pun mereka
cepat sekali cuma nanya "Eat or take away ?", ada cerita lucu..bhs Inggris disini
pun serba singkat. Seperti kalo belanja nggak ada ukuran yg sesuai dgn kitamereka
cuma bilang "no stock", padahal setahu saya dibuku2 yg mengajarkan pemasaran dan
salemanship bilangnya " I am sorry Sir, we dont have ur size " ungkapan "say
who", "from where" nggak aneh terdengar disini.

Ade

<deleted >