> MAHASISWA
> - jadi enggan mencari ilmu, karena sistem pendidikan di Gunadarma (tentu
> berikut UM-nya) malah mendidik mahasiswanya untuk mengerjakan ujian, bukan
> untuk berpikir.

Setuju, namun bagaiman kalau misalkan si mahasiswa sendiri susah untuk
ngebagi waktunya
untuk mengulang mata kuliah yang ada.??
walaupun saya secara individu setuju dengan pendapat bapa.

> DOSEN
> - jadi enggan mengajar dengan baik..toh mahasiswanya bisa ikut UM bila
ngak
> puas akan nilai mata kuliah tersebut (bukan hanya bila ngak lulus).
> - tidak bisa memberikan yang terbaik..mungkin bisa, tapi entah bagaimana
> caranya, sebab nampaknya sangat sulit berbeda pendapat dengan pihak

Wah..... kalau soal dosen no comment dehh... itu sih tergantung pribadi
mereka masing-masing

> [...]
> demikian adanya yah boleh buat apa..eh..apa boleh buat
> - dinilai sbg perguruan tinggi (apa masih pantas disebut demikian) yang
> aneh, karena ada pihak (oknum?) di bag. UM yang menjual "kupon" UM seharga
> Rp. 2.000.000 kepada mahasiswanya.
> - tidak akan mampu bersaing di dunia pendidikan internasional, karena
> reputasi yang tidak baik sebagai perguruan tinggi. Namun demikian cukup
> punya reputasi di dunia bisnis.
> - pensuplai terbanyak (mengingat bisa >110 orang per kelas) generasi muda
> yang tak suka/mampu berpikir, yang juga berperan membuat negeri kita ini

Wah....kalau yang ini setuju banget pa, apalagi kalo ngomongin satu kelas
sampe 110 orang
buseeett deh.. itu kalo kuliah sumpek abisss.... and biasanya para mahasiswa
jadi males ngedenger
dosen ngomong.... kasian juga sih ama dosen yg kaya gitu... apa lagi kalo si
dosen ngga negur.
negur mahasiswa udah deh keasikan ngobroll terus sepanjang pelajaran....
hehehhehe ampe sekarang
juga masih.. apalagi kalo mata kuliah dah 3 jam ngeliat temen-temen pada
ngobrol, gimana ngga sirik.
yang ada di kelas bukannya belajar malah ngerumpi, terus dosennya diem aja
lagi.. nerangin terus... wuh.

 > ps: Saya mohon kepada rekan2 mahasiswa yang masih aktif belajar di
> Gunadarma supaya tidak menempuh jalur UM, melainkan belajarlah dengan baik
> mencari ilmu, bukan nilai.

Ya... bener deh.. InsyaAllah saya ngga bakal ikutan UM ya...yang penting kan
ILMU..
makanya sekarang indonesia perlu ditanamin neghh....."yang diperlukan
ilmu/skill bukan Gelar/degree ! "
bisa ngga yahh ???

zzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz
         Lutfi Riansyah A