      ~~~~~~~~~~~~~
> and biasanya para mahasiswa jadi males ngedenger dosen ngomong....
> kasian juga sih ama dosen yg kaya gitu... apa lagi kalo si dosen ngga
> negur. negur mahasiswa udah deh keasikan ngobroll terus sepanjang

Saya sendiri tadinya termasuk tidak begitu suka dg jumlah besar ini.. tapi
ternyata setelah sampai di Jerman.. sering kuliah dg Jumlah seperti ini
(200 bahkan.. bisa terjadi di ruangan aula besar..)

Istilahnya Vorlessung...8-).  Bahkan kalau dosennya TOP bisa sampai 500
orang (tapi kini dibatasi... sebab repot UNi-nya harus ngasih ruangan yang
besar).

Tapi tetap saja nggak pengaruh.. lha mahasiswanya ngerti.. masuk kelas
nggak ngobrol.. tapi ngedengerin..  Mau ditegur atau tidak kalau
mahasiswanya "sadar" saya rasa nggak masalah koq....

Di sini kadang-kadang mahasiswa nggak sadar ngobrol.. tapi ditegur oleh
temen-temennya sendiri.. sebab mereka ingin denger tuh dosen ngomong..

Dosennya sih cuwek.. aja... mau didenger terserah,.. nggak juga terserah..
toh mahasiswa udah pada dewawa.... ini di Jerman lho....8-)