On Tue, 13 Jun 2000 [EMAIL PROTECTED] wrote:

> |"sekitar" kita... 8-)
>
> jawabannya suka aneh...masalah mutu katanya.....*-). Kalau nggak sulit
> nggak mutu, buat yang sulit nggak bisa karena kurang sembarang, yang mudah
> nggak tahu yang mana? mudah katanya (nya subject nggak jelas), tapi apa
> itu mudah??

Memang masih merupakan "mitos" di Indonesia bahwa tingkatan materi S1, S2,
S3 itu adalah sulit atau tidaknya topik penelitian.  Padahal yang
menentukan adalah tingkat kedalaman pembahasan.

Sebagai contoh di tempat saya dulu kuliah S2 diterapkan patokan

- BSc (Hon) --> Investigative research
- MSc --> New Implementation
- PhD --> New method (atau new theory)

Nah jadi bisa saja BSc (atau setara S1) itu mengambil materi yang
sepertinya "simple" dan setingkat investigative.  Tidak usah muluk-muluk
peralatannya.  Yang penting kedalaman bahasan yang dilakukannya sudah
cukup.

Banyak materi di sekitar kita diabaikan oleh para mahasiswa yang ingin
skripsi karena terasa tidak "cukup sulit" 8-).

> Sama kasusnya dengan saya, saya belum pernah S2, tapi disini karena
> disuruh ya terpaksa ngebimbing mereka lucu kan? Tapi di INA boro boro
> boleh ngebimbing.....hehhehe aneh emang dunia ini. Padahal gua cuma

Mungkin terkena fenomena "planet Superman di planet Kripton" 8-) (siapa ya
yang dulu memperkenalkan istilah ini.. di milis ini koq...).  Jadi
fenomena ini menunjukkan sering kali kita kurang dihargai dalam lingkungan
asal kita sendiri, tapi akan lebih dihargai oleh lingkungan lain 8-)

> SAMPAH, klihatan barang sepele, tapi ini bisa jadi conto deh......
> jadi.....kalau anda MHS atau DOSEN, coba lihat nilai relatif dari
> sesuatu....misal masalah MUTU atau KUALITAS.

Sampah komputernya boleh bagi-bagi donk... ethernet card 10 MBps khan
masih ok punya..he.he.he