> Seignat saya yg ngajar pengantar robotika itu adalah "kakak saya" (I WAyan
> S Wicaksana, memang kekompakan kami berdua sering membuat orang
> ketuker...).  Tapi memang kalau gondrong itu saya.

Wah, seinget saya anda pernah memberikan MK pengantar robotika di kampus D
Gedung 3 lantai 4, untuk kelas gabungan angkatan '90 (mungkin cuma sekali
nggantiin mas Wayan). Trus waktu masuk dicuekin sama anak2, dikira mas-mas
yang bawain map dan microphone dosen....hehehe... eh tahu2 jalan ke depan
trus ngajar. Udah itu nggak pake pengantar lagi, langsung ngomongin materi.
Kalo nggak salah anda baru pulang dari Australi waktu itu.

Tapi waktu itu sih saya sudah tahu yang mana yang namanya Made, soalnya
pernah dikenalin sekali... mungkin lupa kali ye..

Kalo mas Wayan sih saya inget, soalnya diajarnya nggak cuma sekali. Plus
pernah jaga ujian bareng, dan panitia bareng...

> Saya bukan dedikasi kepada Uni tapi lebih kepada para mahasiswa. Begitu
> juga "loyality" saya.

Lho ini gimana? khan saya bilang saya kagum sama dedikasi anda setelah visit
web site anda. Nah di web site itu khan isinya semua yang berhubungan sama
bidang pendidikan. Lha otomatis dedikasi yang saya maksud ya dedikasi
terhadap kemajuan bidang pendidikan secara umum.

Lha kalo loyalty, itu sih lain lagi.... hehehe...

Tapi saya yakin kok anda juga memberi "counter argument" di MILIS dosen
untuk memberikan pandangan mahasiswa. Lha wong katanya sering nongkrong
bareng mahasiwa kok. Bener nggak sih??

> Jadi segala argumentasi yang dianggap "counter argument" yang sering
> disebut defensif itu adalah suatu bentuk "loyalitas" saya kepada mahasiswa
> untuk membeirkan pandangan yang lain.  Sehingga mahasiswa bertambah "kaya"
> pandangannya.
>
> Kalau melihat ke sejarah "milis" ini, banyak pandangan lain yang dianggap
> "defensif" ini ternyata memberikan arti lain di kemudian hari (masih inget
> teori vs pelajaran praktis, ujian mandiri, dsb, dll).

Point well made! tapi nggak tahu juga ding. Saya nggak tahu juga hasilnya
gimana... Abis udah nggak di Gunadarma kok.