--- In obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Andy" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Jadi kalau menurut saya sedikit hubungannya kenaikan harga minyak
dengan
> cadangan minyak dunia.
> Karena cadangan minyak masing2 negara tetap sama, setidaknya itu

Anda benar, jumlah cadangan minyak dunia adalah TETAP SAMA tidak
berhubungan dengan harga minyak karena minyak terbentuk dalam jutaan
tahun jadi praktis TETAP.

Cadangan minyak ada bermacam macam:
- Ada cadangan minyak yg ada didalam bumi tapi belum ketemu
  lokasinya.
- Ada cadangan minyak yg sudah terdeteksi letak dan kedalamannya
  tapi belum terbukti karena belum dibor, karena bisa saja
  ketika dibor yg keluar lumpur.
- Ada cadangan yg sudah terbukti berisi minyak atau gas atau
  kedua duanya. Tapi karena masalah ekonomis tidak dilanjutkan
  dengan tahap produksi karena:
  - Cadangannya kekecilan, tidak ekonimis dari segi skala produksi.
  - Cadangan minyak terlalu dalam atau ada dilaut dalam,
    sehingga costnya tinggi.
  - Cadangan minyak ada dilokasi terpencil sehingga tidak
    ekonomis dari biaya transportasi.
  - Dll kendala yg membuat production costnya LEBIH TINNGI
    daripada harga pasar minyak.

KALO harga minyak SENGAJA DINAIKAN maka cadangan2 minyak yg
tadinya TIDAK ekonomis akan menjadi ekonomis untuk diproduksi
sehingga Cadangan Minyak yg bisa produksi BERTAMBAH.

Tahap explorasi minyak memerlukan waktu yg panjang sekitar
lima tahun lebih. Jadi untuk mencari cadangan minyak baru
sampe produksi memerlukan waktu diatas lima tahun.

Jadi kalo diperkirakan SUPPLY minyak dunia akan lebih
kecil dari pada DEMAND minyak lima tahun lagi, explorasi
minyak harus dilakukan dari sekarang atau MALA PETAKA
DUNIA AKAN DATANG !!!

Jadi harga minyak harus dinaikan untuk mendorong orang
melakukan Explorasi pencarian minyak ditempat tempat yg
lebih sukar, lebih dalam, lebih ketengah laut.

Adalah SALAH BESAR kalo mengatakan minyak tidak akan
habis, cadangan minyak yg belum ditemukan memang masih
ada, tapi harus diingat pembentukan cadangan minyak
memerlukan waktu jutaan tahun.

Pada waktu dulu, mencari minyak gampang sampe ada sumur yg biaya
produksinya dibawah 10 dollar. Tapi sekarang cadangan minyak
dangkal dan murah sudah lewat. Untuk itu perusahan minyak
harus diberi insentif untuk mencari minyak pada lokasi yg
biaya produksinya tinggi,mereka perlu KEPASTIAN bahwa harga
minyak dunia TIDAK JATUH dibawah biaya produksi mereka saat
lima tahun lagi mereka produksi.

Kirim email ke