Kalau boleh saya tambahkan.

Harga minyak dunia sengaja dibuat tinggi, agar muncul alternatif-alternatif
lain sebagai pengganti, sehingga tidak selalu dependence terhadap minyak
sebagai sumber energi.  Atau bisa juga product2 baru yg high-efficiency
terhadap cost.

Yg lucu diindo, malah didemo mahasiswa.. :P
Padahal dengan kejadian ini, akan muncul peluang2 bisnis baru kedepannya.

Regards,

jsx_consultant <[EMAIL PROTECTED]> wrote:                             --- In
obrolan-bandar@yahoogroups.com, "Andy" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

 > Jadi kalau menurut saya sedikit hubungannya kenaikan harga minyak
 dengan
 > cadangan minyak dunia.
 > Karena cadangan minyak masing2 negara tetap sama, setidaknya itu

 Anda benar, jumlah cadangan minyak dunia adalah TETAP SAMA tidak
 berhubungan dengan harga minyak karena minyak terbentuk dalam jutaan
 tahun jadi praktis TETAP.

 Cadangan minyak ada bermacam macam:
 - Ada cadangan minyak yg ada didalam bumi tapi belum ketemu
   lokasinya.
 - Ada cadangan minyak yg sudah terdeteksi letak dan kedalamannya
   tapi belum terbukti karena belum dibor, karena bisa saja
   ketika dibor yg keluar lumpur.
 - Ada cadangan yg sudah terbukti berisi minyak atau gas atau
   kedua duanya. Tapi karena masalah ekonomis tidak dilanjutkan
   dengan tahap produksi karena:
   - Cadangannya kekecilan, tidak ekonimis dari segi skala produksi.
   - Cadangan minyak terlalu dalam atau ada dilaut dalam,
     sehingga costnya tinggi.
   - Cadangan minyak ada dilokasi terpencil sehingga tidak
     ekonomis dari biaya transportasi.
   - Dll kendala yg membuat production costnya LEBIH TINNGI
     daripada harga pasar minyak.

 KALO harga minyak SENGAJA DINAIKAN maka cadangan2 minyak yg
 tadinya TIDAK ekonomis akan menjadi ekonomis untuk diproduksi
 sehingga Cadangan Minyak yg bisa produksi BERTAMBAH.

 Tahap explorasi minyak memerlukan waktu yg panjang sekitar
 lima tahun lebih. Jadi untuk mencari cadangan minyak baru
 sampe produksi memerlukan waktu diatas lima tahun.

 Jadi kalo diperkirakan SUPPLY minyak dunia akan lebih
 kecil dari pada DEMAND minyak lima tahun lagi, explorasi
 minyak harus dilakukan dari sekarang atau MALA PETAKA
 DUNIA AKAN DATANG !!!

 Jadi harga minyak harus dinaikan untuk mendorong orang
 melakukan Explorasi pencarian minyak ditempat tempat yg
 lebih sukar, lebih dalam, lebih ketengah laut.

 Adalah SALAH BESAR kalo mengatakan minyak tidak akan
 habis, cadangan minyak yg belum ditemukan memang masih
 ada, tapi harus diingat pembentukan cadangan minyak
 memerlukan waktu jutaan tahun.

 Pada waktu dulu, mencari minyak gampang sampe ada sumur yg biaya
 produksinya dibawah 10 dollar. Tapi sekarang cadangan minyak
 dangkal dan murah sudah lewat. Untuk itu perusahan minyak
 harus diberi insentif untuk mencari minyak pada lokasi yg
 biaya produksinya tinggi,mereka perlu KEPASTIAN bahwa harga
 minyak dunia TIDAK JATUH dibawah biaya produksi mereka saat
 lima tahun lagi mereka produksi.