Wa'alaikum salam wr wb.
Pak Darul dan sanak lainnya,

Setuju sekali dengan pernyataan pak Darul bahwa bank syariah adalah sebuah
produk perbankan yang berasal dari ajaran Islam, yang menjadi bukti bahwa
Islam adalah rahmattan lil alalamin. Kata syariah dalam konteks perbankan
ini sudah menjadi sebuah sebutan bagi sistem perbankan yang memperhitungkan
hasil dari nilai uang yang disimpan dihitung belakangan.

Konsep perbankan ini merupakan sebuah kegiatan usaha yang halal, seperti
usaha-usaha kita yang lainnya. Bisa dilakukan oleh banyak bank, seperti
Mandiri, Mu'amalat, dan BII, dan akan beroperasi untuk saling berkompetisi.
Sehingga nantinya bank syariah (BS) yang satu lebih baik dan lebih menarik
bagi nasabahnya dibandingkan dengan yang lainnya. Misalnya operating cost
dari satu bank syariah lebih kecil dari yang lainnya (lebih effisien), maka
hasil yang dibagi ke nasabah diakhir tahun (periode waktu ) akan lebih
besar. Kemudian ada BS yang membuat periode waktu tidak untuk satu tahun,
tapi bisa untuk setiap kuartal (3 bulan), mungkin ini lebih menarik bagi
nasabah.

Saat ini tentunya BS diminati oleh umat Islam karena memang dari ajaran
Islam. Tapi apabila ini merupakan produk yang lebih adil, dan memberikan
hasil lebih menarik, maka akan banyak diminati oleh umat agama lainnya.
Apakah kata syariah baik dipergunakan untuk ini?, pendapat saya Ya. Pertama
adalah merupakan sebuah nama usaha halal dari ajaran Islam. Kedua memperkaya
bah Indonesia yang berasal dari Islam atau bahasa Arab, seperti hadiah dan
kata-kata lainnya. Seperti apa sebabnya BMI membuka cabang di Bali?

Wassalam,
Ridwan