mungkin saya tidak bisa mengatakan bahwa departemen lain, juga nyaris spt yang
mas budi katakan, karena kebetulan saya bukan PNS yang berada di departemen.
tapi setidaknya saya pernah punya pengalaman dalam mengurus suatu izin yang
lumayan penting utk jalannya perusahaan.
Surat Izin Industri yang saya urus itu (anda tahu dong. instansi mana yang
mengeluarkan itu)...diberikan kepada perusahaan yang memenuhi syarat bla bla
bla........
dan yang canggihnya,,, terletak pada: bagi perusahaan yang tidak memenuhi
syarat maka tidak diberikan izin................ oh bukan begitu........
justru bagi yang tidak memenuhi syarat harus dipaksakan "tetap memenuhi
syarat" atau dipas-pasin supaya sesuai dengan ketentuan........ itukan hanya
masalah data dan angka yang bisa diatur.... dan yang ngatur kan butuh
duit............... pihak satunya kan butuh surat izin dengan cepat tanpa
diombang-ambing..... klop lah sudah....

nah kalau sudah demikian ,,,,,,,,, bagaimana jadinya........
rasanya........ kata pengamat yang mengatakan butuh 2 generasi dulu. itu cukup
beralasan....

salam
arez.....

Kirim email ke