Satu-satunya "kapas" LAI06 ada di Yes. 1:31 namun ga berhubungan dengan
salju.
Di ayat ini namun LAI76, bukan "kapas" namun "jerami". Meski demi
kearifan
lokal, mosok sih ga isa bedakan kapas sama jerami?

Lalu "salju" di LAI06  juga "salju" di LAI76. Nah kalau "kapas"nya
perhatikan
sendiri. Meski demi kearifan lokal, kok kapas (lagi-lagi) yang diganti?
Bukannya
salju?

Mzm 147:16

LAI06

Ia menurunkan salju seperti bulu domba dan menghamburkan embun beku
seperti abu.
LAI76

Diberi-Nya salju seperti kapas dan dihamburkan-Nya ariz seperti abu.

--- In proletar@yahoogroups.com, Scheherazade Scheher
<scheherazade2...@...> wrote:

> Ayat yang dibikin selagi musim salju lantas dicitaknya nya selagi
musim panas

> Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju." ...kapas
kapas yang mana kapasnya???

> Kel. 4:6 Lagi firman TUHAN kepadanya: "Masukkanlah tanganmu ke dalam
>  bajumu." Dimasukkannya tangannya ke dalam bajunya, dan setelah
> ditariknya ke luar, maka tangannya kena kusta, putih seperti salju.
>

> Bil. 12:10 Dan ketika awan telah naik dari atas kemah, maka tampaklah
Miryam kena kusta, putih seperti salju; ketika Harun berpaling kepada
Miryam, maka dilihatnya, bahwa dia kena kusta!

> 2Raj. 5:27 tetapi penyakit kusta Naaman akan melekat kepadamu dan
> kepada anak cucumu untuk selama-lamanya." Maka keluarlah Gehazi dari
> depannya dengan kena kusta, putih seperti salju.
>

> Ayb. 6:16 yang keruh karena air beku, yang di dalamnya salju menjadi
cair,

> Ayb. 9:30 Walaupun aku membasuh diriku dengan salju dan mencuci
tanganku dengan sabun,

> Ayb. 24:19 Air salju dihabiskan oleh kemarau dan panas, demikian juga
dilakukan dunia orang mati terhadap mereka yang berbuat dosa.

> Ayb. 37:6 karena kepada salju Ia berfirman: Jatuhlah ke bumi, dan
kepada hujan lebat dan hujan deras: Jadilah deras!

> Ayb. 38:22 Apakah engkau telah masuk sampai ke perbendaharaan salju,
atau melihat perbendaharaan hujan batu,

> Mzm. 51:7 (51-9) Bersihkanlah aku dari pada dosaku dengan hisop,
> maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih
dari salju!

> Mzm. 68:14 (68-15) Ketika Yang Mahakuasa menyerakkan raja-raja di
sana, turunlah salju di atas gunung Zalmon.

> Mzm. 147:16 Ia menurunkan salju seperti bulu domba dan menghamburkan
embun beku seperti abu.

> Mzm. 148:8 hai api dan hujan es, salju dan kabut, angin badai yang
melakukan firman-Nya;

> Ams. 25:13 Seperti sejuk salju di musim panen, demikianlah pesuruh
yang setia bagi orang-orang yang menyuruhnya. Ia menyegarkan hati
tuan-tuannya.

> Ams. 26:1 Seperti salju di musim panas dan hujan pada waktu panen,
demikian kehormatanpun tidak layak bagi orang bebal.

> Ams. 31:21 Ia tidak takut kepada salju untuk seisi rumahnya, karena
seluruh isi rumahnya berpakaian rangkap.

> Yes. 1:18 Marilah, baiklah kita berperkara! --firman TUHAN--Sekalipun
dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju;
sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih
seperti bulu domba.

> Yes. 55:10 Sebab seperti hujan dan salju
>  turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi,
> membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih
> kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan,
>

> Yer. 18:14 Masakan salju putih akan beralih dari gunung batu Siryon?
Masakan air gunung akan habis; air yang sejuk dan mengalir?

> Rat. 4:7 Pemimpin-pemimpin lebih bersih dari salju dan lebih putih
dari susu, tubuh mereka lebih merah dari pada merjan, seperti batu nilam
rupa mereka.

> Dan. 7:9 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu
duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan
rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan
roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;

> --- ONew American Standard Bible (©1995)
> And his appearance was like lightning, and his clothing as white as
snow.King James Bible
> His countenance was like lightning, and his raiment white as
snow:American King James Version
> His countenance was like lightning, and his raiment white as
snow:American Standard Version
> His appearance was as lightning, and his raiment white as
snow:Douay-Rheims Bible
> And his countenance was as lightning, and his raiment as snow. Darby
Bible Translation
> And his look was as lightning, and his clothing white as snow.English
Revised Version
> His appearance was as lightning, and his raiment white as
snow:Webster's Bible Translation
> His countenance was like lightning, and his raiment white as
snow.World English Bible
> His appearance was like lightning, and his clothing white as
snow.Young's Literal Translation
snow,n Sat, 11/13/10, yhnugroho yhnugr...@... wrote:

> From: yhnugroho yhnugr...@...
> Subject: [proletar] Re: Seputar Tuhan (41) perbibel:  Unicorn (4)
Sekarang banteng!!
> To: proletar@yahoogroups.com
> Date: Saturday, November 13, 2010, 8:08 AM

>       Wong, sangat mencerahkan Wong. matur sembah nuwun!

glanggang colong playu. ikutan  ngomongin Tuhan per bible yah??

pemahan sampeyan. Bahwa bible suka gonta ganti kalimat itu memang bener,
sampeyan dulu pernah ngomong kata dalam bible dari babi menjadi babi
hutan terus menjadi celeng terus menjadi celeng mbeles dll, walaupun
saya tidak ngecek satu persatu tapi saya percaya itu bisa terjadi dalam
bible. nah sampeyan sekarang membawa kata unicorn yang berubah mejadi
kebo, terus menjadi banteng, terus bisa menjadi sapi, terus bisa menjadi
sapi lanang, terus mungkin bisa juga menjadi sapi lanang buntung buntute
dst dst. itu mungkin terjadi

mudah dimengerti oleh setiap pembaca dari berbagai suku bangsa itu
memang suatu kenyataan. Tentunya dalam penterjemahan itu kearifan lokal,
cara berfikir lokal, terminologi local menjadi sesuatu yang tak
terhindarkan dalam proses penterjemahan agar supaya maksud dan isi bible
menjadi mudah dipahami

lightning, and his garments as white as snow." Kata salju itu hanya
dimengerti oleh orang yang tinggal di daerah 4 musim. Tapi orang
pedalaman katulistiwa yang tidak pernah punya informasi mengenai salju
akan kesulitan untuk membayangkan salju itu seperti apa. Jika kalimat
itu di terjemahkan menjadi "Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih
bagaikan salju." Kalimat ini tidak bisa dimengerti oleh orang pedalaman
tersebut tapi jika kata salju diganti menjadi kapas sehingga menjadi
"Wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan kapas." Ini lebih
mudah dimngerti karena kata kapas bersentuhan langsung dengan kehidupan
keseharianya. Itulah sebabnya mengapa kata Snow bisa diterjemahkan
menjadi kapas. Dengan cara yang sama unicorn tentu bisa juga
diterjemahkan mejadi badak, banteng, kebo dll.

Jaman dulu Tuhan digambarkan sebagai seorang yang cemburuan, pencemburu,
pendendam, egois, mudah marah, gila akan tumbal dll lihat saja ayat2nya
mislanya dari kitab Keluaran :

Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan
kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan
keempat dari orang-orang yang membenci Aku,

yang ganas seperti pada jaman dulu, tetapi digambarkan sebagai yang
penyayang, yang mengasihi, mengayomi, lembut layaknya seorang bapak
kepada anaknya. Sebab hukum yang utama adalah kasih, begitu kotbah si
Tukang kayu Gondrong. Saking kasihnya agar sampeyan selamat gak usah
bikin tumbal tumbalan cukup percaya sama si Gonderong, ikut perjamuan
kudus minum darah (Anggur) dan makan daging (Hosti) sampeyan di jamin
selamat. Tapi yen tak pikir pikir kok kayak ritual kanibalisme yah.

wong Tuhan itu maha pengasih, dimana mana juga tetep pengasih. Sampeyan
boleh saja pergi ke diskotik atao pub, pesen sebotol anggur, wiski atau
chivas minum pelan pelan seteguk demi seteguk, rasakan sensasinya. Masih
kuarang? Makanlah daging (Pil Koplo) tenggak satu butir, tunggu beberapa
saat, sampeyan sudah berasa ada di surga. Bagi para jihadis yang
terobsesi pengin ngewe sama 72 bidadari, saya sarankan untuk ikut
perjamuan kudus model ini. Karena begitu sampeyan sudah trance sampeyan
bisa merasa ngewe dengan siapapun bukan hanya dengan 72 bidadari, bahkan
dengan bintang film tercantik sekalipun. Jadi gak usah ngebom. Gampang
dan lebih murah.

Jawabnya ya BETUL memang tidak konsisten. Tapi buat apa konsisten dengan
kebengisan, dengan kehausdarahan, dengan pendendaman, dengan
kebrangasanan.lebih baik  tidak konsisten asal menjadi lebih baik dan
lebih beradab, dan saya pikir orang Kristen sudah benar, yang dimulai
oleh si Gondrong, mereformasi Tuhan yang biadab, yang keji, yang haus
darah menjadi Tuhan yang lembut, yang penyayang dan pengasih.

berkunjung ke Arab, oleh seorang gembala padang gurun buta huruf,
disihir menjadi Tuhan yang lebih bengis, lebih biadab, lebih haus darah,
yang lebih egois, yang lebih pencemburu, yang minta di sembah nungging
nungging kaya bebek mau di entot, yang tiap tahun minta tumbal jutaan
darah korban, yang jika tidak di sembah mengancam akan menghukum di
dalam api yang kekal, bengis bener ini Tuhan. Yang menyurh laki2 dan
perempuan tidak boleh berslaman, Keji. Singkatnya Tuhan yang oleh si
Gondrong sudah di buat menjadi Tuhan yang lembut, tapi oleh seorang
gembala buta huruf di sihir menjadi tuhan yang biadab, oh betapa
malangnya nasibmu Tuhan.