Waalaikumsalam.Wr.Wb.

Da Sutan Sinaro,agak sulit membenarkan bahasa Arab
yang di tulis dengan ejaan bhs Indonesia.Tapi akan
saya coba membenarkan yang da Sutan Sinaro khilaf.

Jadi saya hanya akan menambahi juga di sini,karena
saya kira topik ini cukup menarik.Suatu hal yang
sering kita lupakan dalam hidup kita,akibat
keterlenaan kita dalam perjuangan hidup di dunia.

--- Sutan Sinaro <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> ketik atau salah lafal tolong batuakan).
>
> Baa sabananyo awak kiniko awaklah maklum baa awak
> mandapek bamacam persoalan dalam iduik ko.
> Bamacam-macam masalah, bamacam hal nan tajadi dalam
> dunia ko. Tingga awak maranuang jo mamikiakan,
> sarupo
> jo carito dalam kitab suhuf nabi Musa as. nan
> dicaritokan dek Nabi Muhammad saw.  supayo awak
> urang-urang nan baraka maranuangkan suasana zaman
> awak.
>
> “Wa-al ‘aqi” dan orang-orang yang berakal itu
>
>  “ay yakuuna basiiran ‘ala zamanih”, hendaklah ia

Mungkin yang tepatnya " Wa'alal 'Aaqili ayyakuuna
Bashiiran 'ala zamanih ( i ).

'Aaqili = isim Fail ( subjek ) dari aqal = orang yang
berakal,dibaca 'A qili,karena sebelumnya di dahului
oleh huruf jar ( preposition )" 'Ala ".

Kalau di tulis basiiran,berarti dalam bhs Arabnya
huruf " S " ( sin ),bukan " Sh ",( Shad ),maka artinya
akan berbeda.

Basiiran dengan " Sin " ,artinya bermacam-macam,salah
satunya segera,kuat.

,tetapi bashiran dengan " Shad " artinya sama dengan "
melihat dengan mata hati ".

Kata " Ra aa " " Raaituka " Saya melihat kamu
",artinya juga melihat,tetapi melihat dengan mata
kornea mata panca indra kita ,tetapi " Bashiira " (
artinya melihat juga ,tetapi melihat dengan mata hati
),dan , maknanya lebih dalam lagi ( silahkan di
perhatikan dalam Al Qur'an pemakaian kedua kata
ini,akan menambah ketawadu'an kita serta kekaguman
kita pada Allah SWT ).

Al Qur'an itu punya keagungan kata demi kata,hurup
demi hurup,makanya setiap orang yang membaca satu
hurup ( bukan satu kalimat saja ),di nilai
pahala,sesuai dengan Hadist Rasulullah SAW.

Kenapa di dalam kata " zamanih ",saya pakai kata
kurung " ( i ).Ini bermaknakan,kalau di dalam
membacanya kita berhenti,cukup di baca  " Zamanih ".

Kalau kita sambung ,maka " i " nya kita baca.

Lantas kenapa banyak manusia melupakan kehidupan
akhirat?

Sebab mereka lupa,bahwa manusia itu mempunyai tubuh
dan ruh.mereka sibuk menyirami dan memberi makan
jasmani saja,lupa akan makanan Ruh nya.Makanan ruh itu
apa ?  itu dianya mempelajari agama secara mendetail
dan mendalam.

Segitu dulu tanggapan dan tambahan saya terhadap
postingan da Sutan Sinaro.Semoga ada manfaatnya.

Wassalam.Rahima.

Kiniko kan macam-macam