Assalamualaikum w.w. Pak Chaidir, Ananda Dt Endang,
dan Ananda Rahima,

Saya bersyukur bahwa wacana tentang adat dan agama ini
masih berlanjut, dan tidak terhenti.Itu tandanya kita
masih 'concern' dengan hubungan antara dua sistem
nilai yang merupakan landasan kepribadian Minangkabau.
Untuk Ananda Rahima, selamat kembali ke Tanah Air dan
selamat berkiprah kembali di RN in.

Izinkan saya bertanya, bisakah kita
mengkristalisasikan seluruh `wacana tentang adat dan
agama ini menjadi butir-butir norma atau kaidah yang
jernih dan dapat dilaksanakan loleh setiap orang
Minang ? Dalam pengamatan saya selama bertugas
menanganai hak masyarakat hukum adat di Komnas HAM,
hanya pada suku bangsa Minangkabau terjadi konflik
nilai internal yang demikian mendasar dan tidak
selesai-selesainya, dan kelihatannya lumayan menguras
tenaga dan pikiran.

Bagaimana kalau pada suatu saat kita adakan betul
suatu seminar atau paling tidak suatu 'focused group
discussion' untuk mencari titik temu ('modus
vivendi')? Fasilitas tempat dan sekadar konsumsi
ringan insya Allah masih dapat saya layani di gedung
Komnas HAM.

Wassalam,
Saafroedin Bahar

=== message truncated ===