Sanak Beni dan Sanak Kasadonyo.

  Saya melihat diskusi kita sudah mencakup isu yang luas, dan periode yang
sangat panjang.

  Isu yang dibahas mulai dari islam vs praktek yang dilakukan kaum adat, perang
paderi (tentang agama atau kemerdekaan), keterlibatan VOC atau Belanda atau
Inggeris, dan kapan orang asing mulai terlibat.
  Ada juga isu, pahlawan nasional, sampai ke bagaimana seharusnya kita
memperlakukan peninggalan sejarah di Bonjol dan sekitarnya (mengenai lokasinya,
termasuk tentang struktur kabupaten yang ada sekarang). dlsb.

  Ini menyangkut periode yang sangat panjang, lebih dari 200 tahun.

  Saya usul, bagaimana kalau diskusi ini kita pecah menjadi beberapa topik.
  Khusus untuk subject ini ) Bamacam-macam caro dakwah - seingat saya tadinya
dimulai dengan "menurunnya ke"Minangkabauan"/ ke"Islaman" kaum muda sekarang,
dan bagaimana cara mengatasinya.

  Untuk isu lain, walaupun isinya akan menyebut orang/ kelompok orang/ daerah
yang sama, kita buka subyek baru.

  Saya takut kalau satu topik ini meluas ke mana-mana, saya (saya lho), jadi
bingung, atau saya malah menjadi terlalu pintar - sekali berdiskusi, jadi
mengerti semua hal ... ha ha

  Hanya usul

  Riri

benni inayatullah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  Sanak sadonyo...

Saya pikir tidak ada keraguan di hati kita bahwa Imam Bonjol dan pidari lainnya
adalah kelompok yang mempunyai jasa besar dalam melakukan pemurnian ajaran
Islam di Minangkabau khususnya. saya tidak bisa membayangkan jika tidak ada
mereka dulunya mungkin saja saat ini saya sedang menyabung ayam di tapian
Batang Sinamar.

Kita membicarakan mengenai betul atau setengah betulnya perjuangan pidari ini
sebagai perjuangan terhadap penjajah bukannya karena kelunturan pemahaman kita
terutama saya sebagai generasi muda Minangkabau terhadap kepahlawanan beliau
namun hanyalah mencoba menggali lagi sejarah dan menempatkan perjuangan Imam
Bonjol cs ini secara proporsional.

sesungguhnya menurut saya, untuk membuktikan apakah peperangan pidari ini
adalah perjuangan menentang penjajah bisa ditinjau sedikitnya dari aspek
berikut:

1. Apakah ada pengakuan dari seluruh lapisan masyarakat dan pidari khususnya
bahwa Minangkabau sedang dijajah Belanda

2. Untuk itu apakah ada pernyataan bahwa kaum pidari memimpin rakyat
minangkabau untuk memperjuangkan kemerdekaan dari belanda. apakah ada yel-yel
merdeka ! belanda penjajah dsb.

3. apakah ada batas wilayah tertentu yang diperjuangkan kaum pidari sebagai
wilayah yang harus merdeka dari belanda.

sejauh yang saya baca dari beberapa literatur tidak ada sama sekali ada yang
menceritakan aspek tersebut diatas dalam perjaungan pidari. hanyalah kronolgis
sejarah dimana ada pertentangan antara kaum pidari dan kaum adat dan kemudian
perang saudara itu di tunggangi oleh belanda. Lain halnya dengan awal abad 20
dimana indonesia merdeka pertama kali di cetuskan oleh Tan Malaka dan
dilanjutkan oleh Soekarno dan kawan-kawan.

dalam bukunya sumatra barat hingga plakat panjang Rusli Amran menyatakan
keheranannya terhadap perjanjian yang dilakukan oleh pidari dan belanda ( lihat
yang tersebut adalah pihak pidari dan belanda dan bukanlah rakyat minangkabau
dengan belanda) yang kesemuanya menguntungkan belanda. antara lain sbb:

1. Pidari akan hidup damai selalu dengan pemerintah Belanda di sumatra barat.
2. akan menjamin lalu lintas dagang dengan daerah2 yang dikuasai belanda
3.mengajak pimpinan pidari daerah yang masih melawan kepada belanda untuk hidup
damai degan belanda.
4.dll

sementara yang dijanjikan belanda:
1. akan hidup damai pula dengan pemimpin pidari
2. tidak akan emncampuri urusan agama, adat, pemerintahan dll kaum pidari
3.dll

kalau saya pribadi tidaklah merasa heran. kalau menyimak isi perjanjian
tersebut pidari mengakui bahwa belanda adalah penguasa minangkabau. dan
berdasarkan aliran wahabi setiap penguasa haruslah ditaati. dan mungkin juga
terpengaruh oleh pemikiran ibn Taimiyah dimana dalam Minhaj menulis Imam yang
ditaati adalah seseorang yang sedang dalam posisi kekuasaan, terlepas apakah
dia zalim atau adil. dan saat itu di Minagkabau yang berkuasa adalah Letkol
Raaff.

sekali lagi ini adalah kajian untuk bahan diskusi kita dipalanta, sebagai
sarana saya juga untuk mempelajari sejarah. tentu saja belajar bersama seperti
ini lebih efektif dibanding hanya dengan membaca buku2 sejarah.

sekali lagi, saya yakin dan percaya meskipun kita mempertanyakan kepahlawanan
Imam Bonjol terhadap kemerdekaan Indonesia, kebanggaan kita terhadap beliau
sebagai pahlawan Islam di Ranah Mianngkabau tidak akan luntur secuilpun..

salam

Ben

"asfarinal, asfarinal, asfarinal, asfarinal nanang, nanang, nanang, nanang"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Saya rasa hendaknya peran pemerintahan daerah tingkat II Pasaman harus
bertanggung jawab terhadap lunturnya
pemahaman generasi muda terhadap pahlawan besar Tuanku Imam Bonjol. (Maaf agak
lagi dari tema perdebatan uda)

Hal ini bisa terlihat pada musium Tuanku Imam Bonjol dan monumen Equator
dibonjol yang kurang terawat, dan lucunya lagi nama besar Tuanku Imam Bonjol
bisa jadi icon bagi Pemda TK II Pasaman Timur, yang kalau dilihat tidak
mempunyai sumber daya alam seperti daerah pemekarannya Pasaman Barat.
Bonjol bisa dijadikan objek wisata religi , kaji lagi sejarah dan kekayaan yang
ditinggalkan oleh tuanku Imam Bonjol.
Malaysia saja bisa besar wisatanya karena dia bisa mengemas produk itu menjadi
nilai jual yang tinggi, kenapa Sumatera Barat tidak.
Jadi kan dakwah menjadi andalan wisata religi nya.

Wassalam,

Nanang