Syafrinal Syarien <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
>>> laki-laki. Sepakat?

  Maaf, saya tidak terlalu tertarik dengan terminologi. Seperti yang saya tulis
sebeumnya, yang ingin saya dengar dari diskusi ini adalah bagaimana adat
sebenarnya, bagaimana prakteknya, dan bagaimana image orang (baik yang
mempraktekkan maupun yang tidak). Kalau itu ternyata tidak bersesuaian, perlu
dicari bagaimana jalan keluarnya.
    - Siapa bilang tidak ada huruf 'e' dalam bahasa Arab.
Sudah pernah ke Arab Saudi belum?

  Ha ha, makanya saya tidak terlalu tertarik dengan terminologi, kata per kata

  Tadinya dipertanyakan tentang adanya matrilineal di Quran, saya jawab, di
Quran tidak ada huruf "e". Sekarang dilarikan lagi ke nama kota ...

  Kalau mau kata per kata, makin lari dari konteks yang didiskusikan (seperti
yang tertulis di subject posting ini).

  Di sana, di pinggir
laut merah ada kota dengan nama resmi "Jeddah". Pakai
huruf 'e' lho! Seorang kolega saya orang Saudi bernama
Ahmed, kartu namanya ditulis pakai huruf latin dengan
'e' dan juga dilafazkan dengan 'e'. Bukan "Ahmad"! Dia
malah ketawa ketika saya memanggilnya dengan Ahmad.
"Sounds funny, it's supposed to be Ahmed," katanya.
Pelajaran mengaji saya semasa kecil di kampung dulu
jadi nggak berlaku lagi.

Namun demikian, kalau kita kaji lagi, Al-Quran
beberapa kali menyebut Nabi Isa a.s dengan sebutan
"Isa ibn Maryam". Tapi tidak pernah sama sekali
menyebut Muhammad saw sebagai "Muhammad ibn Abdullah".
Jadi apakah Al-Quran itu pro-matrilineal? Wallahualam.

--- Riri - Mairizal Chaidir
wrote:

> [...]
> uang.

> bapak (patrilineal)? Mana ayat Quran-nya? Mana
> hadits-nya?
>
> Tentu saja tidak eksplisit menyebut kata
> "patrilineal". (Saya yakin, karena tulisan di Quran
> menggunakan bahasa tulisan Arab yang tidak ada huruf
> "e"nya).
>
> Cuma, kalau saya tidak salah tangkap, hukum
> perkawinan dan hukum warisan, bukannya menggambarkan
> ini?

> TV dinner still cooling?
> Check out "Tonight's Picks" on Yahoo! TV.

Luggage? GPS? Comic books?
Check out fitting gifts for grads at Yahoo! Search
http://search.yahoo.com/search?fr=oni_on_mail&p=graduation+gifts&cs=bz