Bung Armen,
Saya tidak butuh permintaan maaf dari anda.
Buat saya yang lebih saya butuhkan adalah menunjukkan dulu dalam konteks
apa dulu saya mengatakan (kalau memang pernah) "jangan sekedar terbawa
romantisme masa lalu", yang tiba-tiba saat ini ingin anda salahkan. Saya
tidak pernah tidak mempertanggungjawabkan pernyataan saya tanpa data atau
tanpa keterangan logis.
Berikutnya, dengan mengawali dengan kata "astagfirullah" anda sudah
mengklaim anda punya kebenaran mutlak dan sebaliknya saya melakukan sesuatu
dengan cara salah tanda meminta klarifikasi terlebih dahulu.
Dengan arogannya anda mengecilkan arti fungsi logika, dan lalu juga
berprasangka saya tidak punya pengetahuan lapangan tentang Maninjau dan
sekitarnya.
Untuk anda ketahui, walau saya kecil di Kota Padang dan sejak SMP di
Jakarta, saya punya hubungan bathin dengan Maninjau. Saya pernah ka surau
di Koto Kaciak waktu masih SD, walau tidak lama. Tiap hari Rabu saya juga
pergi ke pasar Pakan Raba'a. Lalu, beberapa tahun lalu, adik kandung saya
berisiterikan perempuan Kandih, kira-kira 5 kilometer (perkiraan saya) dari
Muko Muko. Yang anda katakan tidak ada orang di sepanjang Batang Antokan
yang menggunakan air Batang Antokan untuk mandi dan mencuci itu jelas tidak
benar. Secara logika saja tidak masuk akal. Secara empiris saya melihat dan
mengetahui di bagian ruas tertentu, ada orang yang menggunakannya untuk
mandi dan mencuci.
Saya sayangkan cara anda yang terburu-buru hendak menunjukkian anda punya
kebenaran mutlak. Tapi saya tidak butuh permintaan maaf dari anda.
Sekian.

Andrinof A Chaniago