Pak Saaf n.a.h.,

1. Betul bahwa rombongan Hatta ke Kiktinggi yang diikuti Mr. Sjafruddin
Prawiranegara juga diikuti oleh tokoh-tokoh militer seperti Letkol Akil
Prawiradiredja dan Kolonel Hidayat yang merupakan Panglima Teritorium
Sumatra saat itu. Hal itu juga ambo tulis dalam "Presiden Prawiranegara"
(Bab 1 "Dijemput Bung Hatta"). Tetapi kita juga tahu, bahwa antisipasi
gerilya itu merupakan strategi yang (konon) akan dipimpin oleh Bung Karno
sendiri, sekiranya pecah perang lanjutan.

Tugas utama Pak Sjaf sebagai Menteri Kemakmuran tetaplah pada sektor
ekonomi, misalnya mengontrol penetapan Peraturan Pemerintah No. 29/1948
tentang Pemberantasan Penimbunan Barang Penting (padi, gabah, beras, tepung
beras, menir, gaplek, tapioka, gula, garam, kopi, teh, dan minyak tanah),
di mana penduduk biasa yang bukan pedagang/petani hanya diperbolehkan
menyimpan jumlah maksimal 15 kg beras/padi/jagung, 1 kg gula, 0,5 kg garam,
1 liter minyak tanah, 0,25 kg teh, 1 kg biji kopi dan 0,5 kg kopi bubuk.
Bagi pedagang, batasan itu menjadi  500 kg beras/padi/jagung, 500 kg gula,
100 kg garam, 100 liter minyak tanah, 100 kg teh, 200 kg biji kopi dan 100
kg kopi bubuk. Sementara petani hanya diperbolehkan memiliki maksimal hasil
usahanya selama musim panen ditambah dua bulan berikutnya. Pengecualian
diberikan pada saat Ramadhan ketika orang Islam harus memberikan zakat
fitrah. Saat itu setiap orang diperbolehkan memiliki beras sampai 3 kg
lebih banyak dari yang diizinkan. Adapun untuk penerima zakat, boleh
menyimpan kelebihan beras itu selama dua bulan setelah menerima zakat ...
Kuding (nama panggilan Sjafruddin Prawiranegara -- ANB) tahu bahwa
pembatasan kepemilikan bahan pokok memang terlampau ketat, tetapi dia tak
punya pilihan lain. Tanpa adanya peraturan tegas, penimbunan bahan makanan
bisa dilakukan semena-mena oleh para spekulan yang bisa semakin menyulitkan
rakyat di tengah kondisi ekonomi yang sedang terjun bebas. ("Presiden
Prawiranegara, hal. 110-111)

2. Tentang telegram mandat (radiogram), ada baiknya kita cermati bahwa
bobot dua mandat dari Yogya (satu untuk Pak Sjaf dan satu untuk Dr.
Sudarsono di India) agak berbeda. Radiogram untuk Pak Sjaf ditandatangani
BK dan BH sebagai Presiden dan Wapres. Radiogram untuk Dr. Sudarsono
ditandatangani BH dan Agus Salim sebagai Wapres dan Menlu, jadi bobotnya
sedikit lebih rendah. Selain itu pada radiogram untuk Dr. Sudarsono jelas
tertulis bahwa jika "ikhtiar Mr. Sjafruddin Prawiranegara membentuk
Pemerintah Darurat tidak berhasil, kepada saudara dikuasakan untuk
membentuk Exile Government Republik Indonesia di New Delhi. Harap dalam hal
ini berhubungan dengan Mr. Sjafruddin Prawiranegara di Sumatra ..."
("Presiden Prawiranegara", hal. 85).

Jadi Pak Saaf, semakin jelas terlihat bahwa radiogram untuk Dr. Sudarsono
fungsinya adalah sebagai "Plan B" jika "Plan A" berupa pembentukan PDRI
tidak jalan. Itu pun, sesuai redaksional radiogram, Dr. Sudarsono tak bisa
jalan sendiri, tetap harus berkoordinasi dengan Mr. Sjafruddin
Prawiranegara.

Sayangnya, ketika kedua kawat ini hendak dikirimkan kepada dua penerima,
kantor PTT (Pos Telepon Telegraf) di Yogyakarta sudah diduduki Belanda
sejak pagi 19 Desember 1948, sehingga tak diketahui keduanya (Pak Sjaf dan
Dr. Sudarsono) pada kesempatan pertama.

3. Sejauh data yang saya punya, TIDAK BETUL jika usulan membentuk PDRI
datang dari Gubernur Sumatra, Mr. TM Hasan. Sebab, kalimat radiogram yang
dikuasakan untuk Mr. Sjafruddin Prawiranegara, Menteri
Kemakmuran, jelas-jelas menyebutkan "untuk membuat Republik Darurat di
Sumatra" (Kalimat lengkap kawat/radiogram itu ada di "Presiden
Prawiranegara", hal. 84-85).

Yang kedua, dalam pertemuan dadakan 19 Desember itu (Mr. TM Hasan BUKAN
sebagai Gubernur Sumatra, tapi Komisaris Pemerintah Pusat Untuk Sumatra.
Jabatan Gubernur saat itu dipegang Nasrun. Mr TM Hasan menjadi Gubernur
Sumatra bukan pada saat itu), Mr. Sjafruddin sudah menjelaskan kepada
hadirin bahwa sebulan sebelumnya rapat kabinet di Jogja sudah melakukan
simulasi seandainya ibukota jatuh, maka akan dibentuk PDRI. Tapi dalam
bayangan Pak Sjaf, PDRI itu akan dipimpin oleh Bung Hatta sendiri.

Ternyata Bung Hatta juga ditangkap Belanda sehingga pemerintahan lumpuh,
terjadi PowerShot vacuum.

Nah, Pak Saaf n.a.h, dalam rapat itulah Mr. Sjaf yang awalnya mengusulkan
agar Mr. TM Hasan yang memimpin PDRI karena beliau lebih senior dari
dirinya (Umur Sjafruddin waktu itu 37 tahun, umur TM Hasan 42 tahun). Tapi
TM Hasan justru berargumen meski dia lebih tua, tapi dalam pemerintahan
Sjafruddin lebih tinggi karena merupakan anggota kabinet (Menteri
Kemakmuran) sedangkan dia Komisaris Pemerintah Pusat Untuk Sumatra.
Sehingga dengan argumen yang mengunci seperti itu, kesepakatan tercapai.

4. Di luar diskusi kita yang sudah agak panjang lebar ini, sebetulnya ada
satu argumen pendek yang sangat valid dan tak terbantahkan bahwa Sjafruddin
Prawiranegara  adalah memang Presiden PDRI, bukan hanya "Ketua PDRI".

Argumen itu ada pada "Memoir" Bung Hatta, yang kini diterbitkan ulang
menjadi "Untuk Negeriku: Sebuah Otobiografi" (2011). Silakan Pak Saaf baca
buku ketiga "Menuju Gerbang Kemerdekaan" pada hal. 197. Di sana Bung Hatta
memberikan sub judul 6 kalimat yang seharusnya sudah menjernihkan segala
perdebatan semacam ini sejak awal.

Sub judul yang diberikan Bung Hatta adalah: Sudirman Terus Bergerilya,
Sjafruddin Presiden Darurat.

Singkat, jelas, tidak ambigu sama sekali. Apalagi dengan penjelasan Bung
Hatta pada halaman. 197-199.

Bung Hatta adalah sosok yang mengajak (dan menugaskan) Sjafruddin ke
Bukittinggi sebulan sebelum Agresi Militer II, Bung Hatta adalah sosok yang
merekomendasikan nama Sjafruddin sebagai penerima mandat PDRI pada rapat
kabinet (dadakan) di Jogjakarta, pada Minggu pagi, 19 Desember 1948 yang
rusuh, dan Bung Hatta pula yang menuliskan dalam otobiografinya yang jernih.

Tak ada saksi mata PDRI yang sesahih Bung Hatta. Bahkan Bung Karno pun tak.
Apalagi orang lain yang tak berada dalam pusaran sejarah itu. Tapi kalau
argumen no. 4 ini saya sampaikan sejak awal, tentu akan kurang menarik
diskusi kita ya Pak Saaf, karena semua langsung selesai sebelum debat
dimulai.

Wassalam,

ANB
Cibubur