Memang batua dunsanak...
Ciri ciri bid'ah yang angku katokan memang bana...
paralu angku2 katahui... ado duo bid'ah yang sangat besar dalam sejarah
umat  Manusia, dan Rasulullah SAW membawa misi dari Allah SWT salah
satunyo untuak maapuih kaduo bid'ah tersebut. dan jangan pulo kito tampa
pengetahuan bermaksud maapuih yang bid'ah dengan menciptakan bid'ah baru.
Dalam hal Hadits, paralu angku ketahui, Hadits tu ado yang Soheh, ado yang
Dhoif dan ado pulo yang Bathil. jadi jangan sembarangan mengambil hadits.
Bid'ah terbesar :
1       Alkitab Injil
        Injil dinyatakan sebagai Bid'ah terbesar karena terlalu adanya
penambahan pengambahan, pengurangan dan adopsi adopsi dari sumber yang
tidak memiliki hak dan tidak bertanggung jawab, termasuk didalamnya
bermunculan hukum hukum yang bukan dari Allah (Buah dari prilaku Mengada
ada).
2.      Penyucian Hari saptu.
        Ibrahim AS beserta keturunanya, termasuk Daud, Musa dan Isa AS,
diperitahkan menjadikan Hari saptu sebagai hari besar.
        Rasulullah SAW diperintahkan untuk membatalkan kesucian hari saptu
lantaran prilaku mengada ada umat yahudi yang mengatakan bahwa pada hari
saptu Allah SWT beristirahat setelah menyelesaikan penciptaan alam
Semesta.
Ini adalah dua contoh bahaya mengada ada.
Tidak ada rujukan yang Sah Selain Al Qur'an dan Sunnah Rasul.
dan yang paralu dicermati, semua orang bisa mengaku telah menafsirkan
Qur'an dan Hadits dengan benar, dan setiap orang dapat menunjuk orang lain
menafsirkan secara salah, Oleh karena itu, jangan membenarkan apa yang
anda tafsirkan kalau memang belum ada kesepakatan para ahlinya (Ulama).

Sampai saat iko, ambo masih mancari pelajaran dan berbagai rujukan (Bukan
hanyo dari urang minang, agar talapeh dari berbagai kepentingan2 sapihak),
makonyo ambo indak barani mangatokan poin poin yang angku paparkan tu
sebagai Bid'ah atau Khurafat.

Wassalam

Nofri

"PC Structure - Ivan" <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: RantauNet@googlegroups.com
02/26/2008 07:46 AM
Please respond to
RantauNet@googlegroups.com

<[EMAIL PROTECTED]>, <RantauNet@googlegroups.com>
cc
<[EMAIL PROTECTED]>, "'Nofend St. Mudo'" <[EMAIL PROTECTED]>,
"'MIKO A Mikardo'" <[EMAIL PROTECTED]>, <[EMAIL PROTECTED]>
Subject
[EMAIL PROTECTED] Re: Perdukunan dan Ramalan di Masyarakat Minang

Bapak admin saya percaya dengan kebebasan berbicara dan berpendapat,..
tolong agar email saya untuk dapat dipostingkan di rantau net dikarena kan
status saya saat ini tidak bisa menerima email lagi,.. terima kasih

saya hanya menyampaikan dan itu sudah saya tunaikan,..

Ciri-ciri ahli bid'ah sangat jelas dan terang, yang paling menonjol
diantaranya:  kebencian mereka kepada para pembawa riwayat hadits,
merendahkannya, dan menggelarinya dengan:  penghafal catatan kaki,
orang-orang dungu, orang-orang tekstual atau musyabihah (orang-orang yang
menyamakan sifat Allooh dengan sifat makhluk). Mereka meyakini adanya
makna bathin dari hadits-hadits Nabi shallalloohu'alaihi wa sallam,
sehingga mereka menafsirkan hanya dengan otak mereka yang telah dirusak
oleh syaitan, hati nurani mereka teleh rusak, dan argumentasi dan
pemikiran mereka sangat rancu dan berantakan. Allooh berfirman: ?Mereka
itulah orang-orang yang dilaknati oleh Allooh dan ditulikan telinganya dan
dibutakan penglihatan mereka..? (Muhammad: 23)

Sesuai dengan pernyataan ibu Rahima yang kita cari hanya redha Allah bukan
redha makhluk,.. dan yang kita hindari dan takuti adalah murkanya Allah
bukan murkanya makhluk,..

Saya berharap kita tetap sama2 berikhitiar untuk membuktikan semuanya
bahwa reformasi ada harus kita lakukan karena bid?ah2 itu semau terkait
dalam satu mata rantai adat.,,
Saya beranggapan kondisi masyaraklat sekarang yang lebih agamis lebih
memungkinkan wacana ini untuk dibuka ternyata tidak,.. mungkin memang
dakwahnya dulu baru kemudian penekanan niali2 tadi,.
Tapi sekali lagi saya odorkan dalil2 aqli atau yang secara akal bisa
dijadikan landasan pola berpikir untuk mempertanyakan status gala & paham
matrinial;

1.      Gala dan galaran,.
Gala bagi orang minang bukan hanya panggilan akrab belaka tapi benar2
mempunyai predikat yang terkait dengan system pengelolaan pusako tinggi
tadi (jadi bid?ah2 ko kaik menagik satu sama lain)
Dalam masyarakat adat gala2 di nominasi atau diturunkan dari mamak ka
kamanakan dengan atribut yang lengkap didalamnay termasuk perkara2 bid?ah
tahyul didalam pelaksanaanya.

2.      Lalu paham matrinial kembali terkait dengan gala yang turun dari
mamak ka kamanakan
tadi yang merupakan pengelola harto pusako tinggi.(statusnya nggak jelas)
Memang kita tidak memakai nama ibu dibelakang nama kita tapi pada faktanya
hal ini mengacaukan banyak pranata social yang diatur agama,.dimasyarakat
minang banyak kita lihat seorang bapak yang lalai pada tanggung jawab
terhadap anak kandungnya dan lebih mementingkan kamanakan,.. karena merasa
anak kandungnnya itu merupakan tanggung jawab dari saudara laki2 istrinya
(mamaknya sang anak),.. dimana belakang dikemudian hari terjadilah
sengketa antara sang anak kandung dengan sang kamanakan tadi,..

Kalau memang saya dianggap tidak kredibel dalam mengangkat masalah ini
tidak apa2 toh saya tidak mencari popularitas didalamnya,.. tetapi saya
ingatkan kepada uni dan Pak nof apa yang sudah saya sampaikan agar tetap
disampaikan kepada orang lain

Barangsiapa yang pada hari ini berpegang teguh dengan sunnah Rasul
shallalloohu'alaihi wa sallam, melaksanakannya, istiqamah diatasnya serta
mendakwahkannya, ia akan mendapatkan pahala yang lebih banyak dibandingkan
yang mengamalakan diawal munculnya Islam, sebagaimana sabda Nabi :
?Sesungguhnya dibelakang hari nanti akan datang hari-hari yang penuh
kesabaran. Orang yang berpegang teguh dengan apa yang kalian pegang teguh
akan mendapat 50 kali pahala yang kalian peroleh.? Beliau ditanya (oleh
sahabat) : ?Mungkin 50 kali pahala diantara mereka.? Rasulullooh
shallalloohu'alaihi wa sallam menjawab: ?Bahkan 50 kali pahala kalian.?[4]

Rasulullooh shallalloohu'alaihi wa sallam mengatakan demikian bagi orang
yang mengamalkan sunnah dimana pada masanya umat sudah rusak.
Demikian saja Barakallahu Fikum
Wassalamualaikum WW,.

IVANOVSKY
"Nothing great was ever achieved without enthusiasm"