Dinda Fitr,

Seperti kata ungkapan selalu ada dua sisi dalam sebuah koin, maka selalu
ada dua cara dalam menyampaikan dakwah: cara kritis (yang sebetulnya bahasa
diplomatis dari menyalahkan keadaan) dan cara simpatik (yang lebih sabar
dalam membetulkan kesalahan). Cara simpatik dalam berdakwah ini, salah
satunya, adalah ciri khas Buya Hamka. Pernah anak beliau Irfan Hamka
mengungkap satu kisah puluhan tahun silam kepada saya, satu ketika dalam
pengajian rutin di Al Azhar, ada seorang ibu yang selalu hadir dengan rok
pendek, dan selalu duduk di bagian depan pula. Meski ibu itu berselendang,
namun bagaimana pun posisi dia duduk, lututnya selalu terlihat sehingga
membuat jamaah lain tak nyaman, dan mulai protes (tanpa diketahui sang ibu)
kepada Buya Hamka. Maksud mereka adalah agar Buya Hamka menegur ibu itu.

Tapi Buya tak juga menegurnya, sampai Irfan tak sabar dan satu malam
bertanya, "Yah, jamaah sudah tak nyaman dengan kehadiran ibu dengan rok
pendek itu di setiap pengajian ayah. Kenapa tak ditegur?"

"Kenapa harus ditegur?" tanya Buya balik. "Bukankah sudah baik dia ikut
pengajian? Kalau dia ditegur dan karena itu tak muncul lagi di pengajian,
 apa tidak malah jadi mudarat?"

"Tetapi kan pakaiannya salah, Yah," bantah Irfan. "Seharusnya dia
berpakaian muslimah."

"Itu karena pengetahuannya belum sampai," jawab Buya. "Kalau kita sabar,
dan satu saat pengetahuannya sampai, dia akan berubah atas izin Allah."

Ternyata betul. Beberapa saat kemudian, ketika Irfan sedang di rumah. Ibu
itu datang menghadap ke Buya Hamka (dan bundo Siti Raham), menyatakan
terima kasih dan "keheranannya" karena selama ini tak pernah ditegur Buya.
Menurut Irfan, ibu itu juga berkata, selama ini dia selalu berpindah-pindah
pengajian karena tak betah sang ustadz selalu membahas penampilannya pada
kesempatan pertama. Tetapi di pengajian Buya Hamka tidak. Buya Hamka yang
terkenal malah bisa menerima penampilannya apa adanya. Buya memberikan
jawaban yang intinya sama seperti jawabannya kepada Irfan.

Dan keajaiban itu pun terjadi pada pengajian berikutnya: sang ibu datang
sudah dengan busana muslimah yang sama seperti para jamaah perempuan
lainnya! Tanpa pernah satu kata pun Buya Hamka menyuruhnya berubah.

Sampai di rumah, Buya berkata kepada Irfan. "*Wa'ang *lihat sendiri kan,
Fan? Tidak semua teguran harus disampaikan secara langsung. Kalau sejak
awal si ibu itu ayah tegur karena penampilannya, mungkin dia sudah tidak
datang ke Al Azhar lagi. Masih untung kalau dia pindah ke pengajian lain.
Tapi bagaimana kalau karena teguran itu dia tidak mau mengaji lagi?
Bukankah nanti ayah yang berdosa? Tapi coba lihat ibu itu tadi, akhirnya
dia berubah atas keinginan sendiri."

"Benar ayah," jawab Irfan pendek. Lalu Irfan mengatakan opininya tentang
Buya Hamka kepada saya, "Cara dakwah Buya itulah yang membuat masyarakat
suka, dan semakin banyak datang ke Al Azhar."

Begitulah dinda Fitr, kesabaran para mubaligh seperti Buya Hamka dalam
menghadapi keawaman pemahaman umatnya sendiri (dalam hal ini diwakili oleh
si ibu dengan rok pendek), itu yang saya sebut cara simpatik. Buya Hamka
tak mengambil jalan pintas dengan menghujani ibu itu dengan setumpuk dalil
cara berpakaian muslimah, meski kalau Buya mau -- dan tentu saja boleh --
beliau bisa melakukannya hanya dalam beberapa menit.

Cara simpatik itu yang dalam psikologi pendidikan disebut komunikasi dengan
kata-kata positif yang lebih banyak mendukung, menyokong, bukan kata-kata
negatif yang lebih banyak penghakiman, "ini salah", "itu tidak boleh",
"kamu keliru".

Dalam hal HBH yang menjadi inti topik thread ini, kalau kita susun ulang
poin-poin utama yang ingin disampaikan Ust. Anas Burhanuddin, dengan tetap
mempertahankan inti pendapatnya, sebetulnya cara penyampaian bisa diubah
dari cara kritis (yang menyalahkan) menjadi cara simpatik (yang mengoreksi
dengan elegan) sbb:

1. Misalnya judul "Menyingkap Keabsahan Halal Bi Halal" (yang tone-nya
jelas menggugat) dengan semacam "Mengefektifkan Halal bi Halal". Atau sub
judul bagian bawah yang ada kata-kata "Beberapa Pelanggaran Syariat dalam
Halal Bi Halal" dengan "Agar Halal Bi Halal Semakin Islami".

2. Karena itu ketimbang menyodorkan setumpuk daftar kesalahan dalam HBH,
akan jauh lebih efektif jika yang disajikan adalah bagaimana HBH sebagai
ekstensi bentuk silaturahim massal tetap berada dalam koridor Islam,
misalnya:

AGAR HALAL BI HALAL SEMAKIN ISLAMI
1. Dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an. Boleh tema silaturahim,
atau tema lain secara umum.
2. Ada tausiyah yang mengingatkan pentingnya silaturahim (atau tema lain
secara umum pula, yang relevan).
3. Jaga adab antarmahram, jangan ada cipika-cipiki.
4. Hindari kegiatan makruh seperti merokok atau permainan-permainan yang
berlebihan.
5. Ketika waktu shalat masuk, tegakkan shalat berjamaah segera.
6. Dst...

Bukankah dengan cara simpatik seperti itu pada dasarnya sama dengan cara
kritis yang menguliti "keabsahan" HBH? Cara ini akan jauh lebih sejuk bagi
umat, ketimbang cara kritis "hitam putih", bahwa HBH -- dengan cara sehalus
apa pun dijelaskan, tapi intinya adalah -- tidak syar'i, tidak nyunnah, dan
karena itu tidak boleh dilakukan.

Tetapi ambo tetap menghormati pilihan kanda ZulTan untuk tidak mau ikut HBH
karena menganggap itu "ibadah" (sementara ambo menganggap HBH hanya bagian
muamalah saja, yang kalau ada waktu dan diundang, hadir. Tapi kalau tak
sempat, izin tidak hadir. Beda dengan ibadah, yang ada waktu atau tidak ada
waktu, harus tetap dilakukan. Jadi definisi apa itu "ibadah" saja sudah
berbeda).

Semoga kanda ZulTan bisa istiqomah dalam sikap untuk tidak ber-HBH baik di
lingkungan tempat tinggal, atau komunitas yang diikuti (seperti palanta RN
ko, seandainya ada rencana HBH sesudah ko), atau juga undangan HBH dari
kampus tempat kanda mengajar, dst.

Wassalam,

ANB
46, Cibubur