Bissmilahirahmanirahim,..

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh,

Ustadzah Rahima dan sanak sapalanta kasadonyo,

Sebagaimana penyampaian tulisan Rahima tentang "Langit dan
Ulama"  kalau boleh saya mohon penjelasan berikut dibawah ini :

    1. Bumi adalah tempat kehidupan manusia dan jin, sedangkan Langit
tempat kehidupan malaikat

    1. Kata "Syaithan" adalah kata sifat, merupakan bentuk dari
syaithan      minal insi dan syaithan minal jinsi

Allah Ta'ala berfirman :

يَا Ø£ÙŽÙŠÙ`٠هَا الÙ`َذ٠ينَ
آمَن٠وا إ٠ذَا ق٠يلَ
Ù„ÙŽÙƒÙ Ù…Ù' تَ٠َسÙ`َح٠وا Ù Ù ÙŠ
الÙ'مَجَال٠س٠ ٠َا٠Ù'سَح٠وا
ÙŠÙŽÙ Ù'سَح٠ اللÙ`ÙŽÙ‡Ù  Ù„ÙŽÙƒÙ Ù…Ù'
وَإ٠ذَا ق٠يلَ انش٠ز٠وا
٠َانش٠ز٠وا يَرÙ'٠َع٠
اللÙ`ÙŽÙ‡Ù  الÙ`َذ٠ينَ
آمَن٠وا م٠نك٠مÙ'
وَالÙ`َذ٠ينَ أ٠وت٠وا
الÙ'ع٠لÙ'Ù…ÙŽ دَرَجَات٠
وَاللÙ`ÙŽÙ‡Ù  ب٠مَا
تَعÙ'مَل٠ونَ خَب٠يرٌ

Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu:
"Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan
memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu",
maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman
di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa
derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. [Al Mujaadila
,58:11]

    1. Apakah yang dimaksud dengan "... niscaya Allah akan
meninggikan      orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang
yang diberi ilmu      pengetahuan beberapa derajat" dan bagaimana
hubungannya antara orang      beriman dan orang yang ber-Ilmu
pengetahuan ?

    1. Karena saya dapat cerita bahwa orang di Mesir banyak mendapatkan
gelar Doktor, namun mata pencariannya hanya tukang bengkel atau tukang
macing (kalau tidak salah, mohon dibetulkan), lantas kalau telah
demikian,      apa sebenarnya hakikat-nya mendapat gelar Doktor itu ?

Sukron atas penjelasannya

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh,

Muhammad Yamin Bagindo Chaniago (45), Palembang Kamis, 17 April 2008

"Lihatlah apa yang disampaikannya, dan janganlah lihat siapa yang

menyampaikannya"

________________________________________________________________________\
> Be a better friend, newshound, and
> know-it-all with Yahoo! Mobile.  Try it now.

http://groups.google.com/group/RantauNet/web/peraturan-rantaunet.
- Tulis Nama, Umur & Lokasi anda pada setiap posting.
- Hapus footer & bagian tidak perlu, jika melakukan reply.
- Email attachment, DILARANG! Tawarkan kepada yg berminat & kirim melalui jalur
pribadi.
- Posting email besar dari >200KB akan dibanned, sampai yg bersangkutan minta
maaf & menyampaikan komitmen mengikuti peraturan yang berlaku.