Sekedar selingan diantaro diskusi sanak, mat baca semoga berkenan...dont tell
to Sido Muncul..he..he
---------------------

MAU PINTAR ?

By : Jepe

Mau
pintar, janganlah minum tolak angin, banyaklah bertanya pada orang pintar, jika
ada pepatah malu bertanya sesat dijalan logikanya jika kita banyak bertanya
akan banyak menemukan jalan. Abrar bercanda sama saya jika sesat dijalan
membawa mobil di Jakarta maka kita akan jalan-jalan, bisa jadi
 jalan-jalan tersebut kita menjebakan diri bermacet ria, begitulah Jakarta
dengan segala kemacetan lalu lintas yang membuat hilangnya urat sabar kita.
Orang pintar tentang macet di Jakarta ini diperhalus menjadi “Siapa bilang
Jakarta macet lalu lintasnya tapi lalu lintasnya bermasalah”

Ada
benarnya jika orang pintar berkata “Bodoh itu jangan dipelihara”, saya
merasakan jika banyak bertanya maka saya akan semakin pintar, kadang-kadang
mungkin
hal sepele yang saya harus tanyakan, sebagai contoh ketika Saturdaya saya
perhatikan begitu nikmatnya meminum kopi berkualitas dalam keadaan panaas
“menggigil”  dia pintar dalam hal ini tapi saya masih bodoh. Jalannya ya
itu tadi bertanya pada yang pintar.Hasilnya sekarang saya sudah pintar
bagaimana meminum kopi panas menggigil secara jantan.

Contoh
lagi di dunia maya, saya awalnya sangat “gatek” dengan teknologi jaman
globalisasi ini, saya frustasi me up load 3 atau 4 foto ke blog saya karena
waktunya
atau proses up loading foto ini terlalu lama dan membosankan. Saya bodoh, lalu
saya bertanya pada An Totis, bagi dia ini sangat sepele, bagi orang pintar
tentu hal ini “cetek banget”. Jawab An Totis sederhana saja “ “Andi lu Resize
tu foto (kapasitas memorinya diperkecil) nah itu akan cepat upload tu foto,
kalo elu up load ukuran standar foto dikamera elu..ya..lama, lebih lanjut An
Totis menjelaskan “Elu butuh waktu singkat meng up load tu foto, sementara
orang yang pengen liat blog  elu maka foto itu akan cepat terbuka jika
telah di resize”

Tentunya
dengan bertanya pada orang pintar sekarang saya telah menjadi pintar,
seandainya saya tidak bertanya maka “Bodoh kok dipelihara” jadi jika mau pintar
sekali lagi saya ingatkan jangan minum tolak angin, bertanyalah. Bertanya
tersebut bukan pada orang bodoh tapi bertanya tersebut pada orang pintar dan
dia telah melakukan, membuktikan serta bisa jadi didapatkannya melalui
pengalaman yang panjang.

Seperti
kisah berikut tentang salah bertanya maka sungai tidak dapat diseberangi karena
bertanya pada orang yang bodoh

Seorang
pengembara dengan seekor kuda perjalanannya terhenti ketika menemukan sebuah
sungai, dia ragu apakah sungai ini bisa diseberangi dengan berkuda keseberang
sana , lalu datang seorang pemuda yang sedang bersampan, pengembara ini
bertanya “Hai pemuda bisakah saya menyeberangi sungai ini dengan kuda”. Pemuda
ini menjawab singkat “Bisa pengembara” Pengembara tanpa pikir panjang
melangkahkan kaki kudanya menyeberangi sungai, tapi setelah ditengah kuda
hampir tenggelam dan arus sungai mulai menyeretnya, susah payah pengembara ini
kembali membelokan kudanya dan tidak jadi menyeberang, akhirnya sampai kebibir
sungai semula.

Pengembara
ini protes pada pemuda ini “Anda bilang bisa menyeberangi sungai ini dengan
kuda ternyata sungai ini dalam”

Pemuda itu
menjawab” Pengembara dalam pikiran saya kuda ini bisa mengapung seperti sampan
saya ini tentu anda bisa menyeberangi sungai ini”

Hikmah
dari cerita diatas tentunya jika ingin pintar dan tidak sesat dijalan
bertanyalah pada orang pintar, pengembara masih bodoh karena dia belum tahu
kalau kuda tidak bisa mengapung, seandai si pemuda ini pintar tentu akan
menjawab “Pengembara karena sungai ini ditengah dalam dan arus cukup kuat
sementara kuda tidak bisa mengapung seperti sampan saya maka sungai ini tidak
bisa diseberangi, sebaiknya anda cari alur sungai yang sempit dan dangkal jika
ingin juga menyeberang”

Pengembara
masih “memelihara bodoh”,  sesatnya lagi bertanya pada orang yang bodoh,
hasilnya ya tetap saja bodoh, nah jika dengan kebodohan ini dia masuk angin,
demam mungkin akibat berbasah-basah tidak jadi menyeberang kalau yang ini
bolehlah minum Tolak Angin.

Pekanbaru,

Coba emoticon dan skin keren baru, dan area teman yang luas.
Coba Y! Messenger 9 Indonesia sekarang.
http://id.messenger.yahoo.com
melalui jalur pribadi
dibanned