Ketika Merah Putih Terkoyak. Oleh Carl Chairul. PT Gramedia Jakarta 2001. 264
halaman. Paparback, ukuran saku.

Novel Carl Chairul ini melukiskan Kampung Halaman dalam masa Pergolakan PRRI.
Carl Chairul mengetahui seluk beluk masyarakat Kampung Halaman dengan mengambil
cerita di satu Nagari Tibarau dan Sarasah, nama fiktif. Pengalaman dan
pengetahuannya tentang Nagari yang diteritakannya itu, tampaknya manghunjam
dalam novelnya. Keindahan alam, topografi, kedamaian, interaksi berbagai segmen
dalam nagari baik dalam lingkungan adat dan syarak, maupun dalam interaksi
mamak, anak, dan kemanakan semuanya [yang sedang hangat dipostingkan di
Rantaunet ini sekarang] tercakup dalam novel ini.  Pembaca akan di bawa ke
suatu masa, yang angkatan baru yang mungkin tidak mengenal sejarah
pergolakannya.

Mudah-mudahan ada screen play writer yang baik dapat mengolah buku ini nanti
dan mengetengahkan epos ini dalam suatu  movie yang berkualistas tinggi yang
tidak dapat dilupakan misalnya seperti Gone with the Wind.

Buku ini perlu dibaca oleh orang-orang yang ingin merasakan bagaimana kehidupan
di Kampung Halaman di masa pergolakan PRRI.

Ketika Merah Putih Terkoyak. Buku ini didedikasikan kepada cucu penulis bernama
Cemara. Empat puluh buah buku ini pernah disumbangkan oleh ananda penulis,
anggota Lapau kita juga, untuk dijual untuk Kacio Rantaunet Foundation di masa
MakBan (Amzar Bandaro Alm.). Seandainya buku itu sudah habis, barangkali buku
ini dapat dipesan langsung kepada penerbit dengan korting dari penerbitnya dan
dijual kambali ke pada anggota  Lapau kita.  Atau kalau tidak sabar, buku ini
mungkin masih dapat dicari di toko-toko buku terdekat. Belilah untuk diri,
untuk hadiah bagi teman-teman, mahasiswa, dan sumbangan ke
perpustakaan-perpustakaan untuk dapat dibaca umum.

Ketika rentetan posting mengenai PRRI melonjak di Lapau, saya mambaca buku ini
kembali dengan teliti untuk ketiga kalinya sejak saya beli bebarapa tahun yang
lalu. Sesegera anda mulai membacanya, anda akan terpesona dengan gubahan bahasa
Carl Chairul, membawa anda untuk tidak melepeskan tangan sampai buku itu
tammat. Buku ini merupakan pandangan tajam penulis melihat Tibarau dalam
mikrokosmos dalam masa gundah gulana sejarah yang ditakutkan orang untuak
menulisnya. Carl Chairul telah membawa kita ke alam terbuka. Sayangnya, catatan
sedih, kira-kira setahun buku ini terbit dan beredar, penulisnya dibunuh dengan
cara yang sangat menyedihkan…

Kalau ada adidunsanak yang belum pernah membacanya, saya mengnjurkan, bacalah!

Salam,
--MakNgah
Sjamsir Sjarif
Di Tapi Riak nan Badabua