Malam ini kita pesta Renjong (2)
by : Jepe

Renjong dalam cool box Ko Diong Hoa yang masih segar itu ditandai masih ada
yang bergerak liar japitnya begitu menggoda, pandangan pertama membuat otak
berpikir " mmm sebaiknya makan malam kita dengan Renjong ini"

Pandangan kedua menatap lebih dalam lagi otak dipaksa berpikir keras "mau
dimasa apa kepiting laut ini" dan keputusan saya bersama tiga orang teman dan
para tamu dari Dinas Kehutan serempak berkata " Menu makan malam kita Sop
Rwnjong"

Lalu kami pesan kepada Istri Pak Jojon (orang jawa) yang merupakan tokoh
masyarakat sini dengan jabatan "ketua DPR desa" atau dikenal dengan ketua BPD
(Badan Perwakilan Desa) tempat kami jika makan jika datang nertugas sini dalam
ro$bongan yang banyak

Selepas magrib kami kumpul di ruang tengah rumah Pak Jojon duduk bersila,
masing-masing kami dihidangkan sop panas Renjong yang segar dan nikmat, dari
aroma dan rasa kaldunya. Udah terasa "nendang" nya, tanpa pikir panjang lagi
kami asyik menyantap sop renjong ini begitu lahapnya, sigi sana sigi sini colek
sana colek sini daging kepiting yang sangat terbatas baik didalam capit maupun
dalam cangkangnya. Puas sigi menyigi tidak lupa menghisapnya bersama kuah
dimangkok, setiap kerangka renjong yang tersisa kami lemparkan dalam wadah
baskom yang diletakan di tengah

Nikmat memang serta mengabiskan waktu yang cukup lama mempreteli sop Renjong
buatan istri Pak Jojon ini, tanpa terasa baskon yang ditengah telah penuh
dengan kerangka Renjong berupa capit dan cangkang tang tidak bisa dimakan lagi

Ya malam ini kami pesta sop kepiting rajungan yang nikmat dan segar, selesai
makan kami bersandar, biasa diam seribu bahasa karena nikmat dan kenyang, ada
yang mengisap rokok, ada yang mengopi, ada yang minum teh es dan ada yang cukup
menyandarkan lambung..oppss salah lagi maksud saya menyandarkan punggung ke
dinding dan itu adalah saya sambi kaki diselonjorkan goyang-goyang

Kawan saya menawarkan sebatang rokok, tapi saya sekarang begitu gagah dan
beraninya menolak, niat dan tekad saya begitu membaja "Berhenti merokok
..sebelum rokok tersebut memberhentikan napas saya...titik"

Masih satu malam lagi saya di Desa ini, sore besok tentu saya akan melongok
lagi ke cool box Diong Hoa apa lagi tangkapan nelayan yang diantarkan ke
warungnya, saya dan kawan saya sangat menginginkan bawal untuk di steam atau
Siakap si lentek Hidong untuk dimasak oleh Ibu Jojon asam manis dengan potongan
nanas

Tamat

Desa Titi Akar, 24 Maret 2010