menarik juga debat tentang spiritualisme dalam bela diri...

tapi buat saya sih nggak ada bedanya.. dalam kehidupan sehari-hari atau
dalam silat,
saya nggak bisa memisahkan mana spiritual dan mana yang duniawi. ribet aja.
susah definisinya..
... kayak misahin niat sama gerak..kayak bedain tenaga sama tehnik... susah.

maklum orang bodoh sih... hehehe

didit,
sibodoh

jangan berpikir menghindar atau menyerang.
jangan berpikir menangkis atau membalas.
jangan pikirkan jurus,  bergeraklah..!!
kalau kamu bergerak setelah berpikir, kamu sudah terlambat...
kalau kamu berpikir tanpa bergerak, kamu sudah kalah...