Untuk mengakhiri polemik.. marilah tema ini kita baca sebagai bentuk nyata
interaksi silat dengan spiritualisme, tanpa memandang wujud formalnya. Dan
bahwa hidup tidak bisa dipisah2 sebagai semacam sekularisme. Dan pada dasarnya
ilmu itu adalah tunggal, dan menuju satu ketunggalan. Suatu jalan menemukan
Tuhan.
Silat bisa menjadi gerbang penemuan jalan ruhani. Setiap tahapannya, dari yang
kasar hingga tataran kehalusan budi dan penemuan makna gerak, sikap dan
keyakinan harusnya bermuara pada Yang Satu. Karena setiap guru dan pelatih
tidak sekedar orang2 yg ngajarin berkelahi, tapi membimbing muridnya untuk
menemukan "jalan pedangnya". Pedang itu bukan untuk menebas musuh tapi untuk
meluruskan jalan kita..
Sebagai seorang muslim, saya bersyukur. Dan sebagai seorang pesilat saya bangga
bahwa silat belum habis, untuk turun derajat hingga sekedar jadi wadah tukang
berkelahi. Seperti jalan yang sudah ditemukan lebih dahulu oleh sesepuh2
pendahulu kita.
Mari menuju jalan spiritual kita, dan bebaskan diri kita setelah menguasai
badan wadaq kita. Setelah kita tidak takut akan diri kita sendiri dan orang
lain. Sesuai keyakinan kita masing2. Menggunakan akal budi dan hati nurani
serta ajaran yg lurus sebagai sarana menggembleng diri dengan disiplin, dengan
Satu Tujuan..

Salam Pesilat,

Denny

NB : Mari kita perangi premanisme! perangi ketakutan kita akan kriminalitas
yang menguasai kota2 kita. Jangan biarkan kejahatan menjadi penguasa. Dengan
melawan dan melindungi...