>Saya sedang mencoba utk membuat backup mail dgn qmail=2E
>MX1 sudah jalan normal, MX2 sedang install qmail
>DNS (bind) sudah di tambahkan
>
>IN MX 10 mail=2Exyz=2Eco=2Eid
>IN MX 20 mail2=2Exyz=2Eco=2Eid
>
>mail IN A 202=2E155=2E0=2E3
>mail2 IN A 202=2E155=2E0=2E10
>
>Yg saya belum jelas/yakin adalah :
>- Utk mesin MX2(backup mailserver), apakah settingan DNS saya sudah cukup=
,
>atau ada yg kurang=2E
>- Di mesin MX1, apakah ada settingan khusus, bahwa jika mesin MX1 mati ma=
ka
> [...]

-dengan setting DNS diatas, bila MX1 mati atau fully occupied, maka semua
mail akan lari ke MX2
-MX1 dan MX2 ga ada setting khusus, kecuali anda ingin menyimpan mailbox
hanya di satu server saja (salah satu MX atau mailbox server terpisah)
-bila masing2 MX berfungsi sebagai mailbox server, maka tiap MX harus puny=
data mail account identik=2E disini gunanya directory services seperti LD=
AP,
dimana data mail account dipisahkan dan accessible to any server=2E

kalau punya resource berlebih, sebaiknya ada MX1, MX2, directory server,
dan mailbox server yang terpisah=2E mailbox server dan directory server bi=
sa
di satu mesin, kalau mau berhemat=2E

HTH,

anto