On Thu, Jun 24, 2004 at 11:16:47AM +0700, Chris wrote:

> Setelah saya pikir-2, dan juga masukan dari mas Eksploit dan mas Anto, maka
> saya memutuskan utk menjadikan mesin ini menjadi mail relay (pakai panduan
> mas Duken, thanks mas).
> Berarti apakah settingan DNS saya yg semula utk backup mail menjadi mail
> relay sudah benar
> IN     MX     5 mail2.xyz.co.id. ## sbg mailrelay pake postpix
> IN     MX     10 mail.xyz.co.id. ## back-end pake qmail

Benar (boleh-boleh saja). Asumsi saya qmail sebagai final destination
dan Postfix sebagai content-filtering/policy. Keuntungannya: jika
mail2.xyz.co.id sibuk/atau down maka email akan langsung menuju secondary MX
di mail.xyz.co.id (final destination). Kerugiannya: jika di server
Postfix (primary MX) kebetulan sibuk/atau down maka email akan
di bypass ke mail.xyz.co.id -> maka Postfixnya jadi mubadzir alias
percuem :-)

Alternatif lain, bisa menggunakan single MX saja. Semua email akan
masuk ke Postfix yang akan mentransport semua email ke final
destination (qmail). Kerugiannya, jika Postfix down/sibuk maka email
akan TERTUNDA, kecuali ada MTA yang menganggap 4XX sebagai permanent
error hehehe.

By the way, bukannya sudah punya PIX pak :-)

 Asfihani