--- Chris <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> bagus juga infonya
> utk setting seperti ini apakah sudah cukup settingan
> dns saya diatas
> dan apakah ini berarti semua user di mx1 di create
> juga di mx2.

Klo seperti yang saya sebutkan kemarin, di MX2 tidak
perlu dibikin user.
Cukup kita sebutkan domain2 apa aja yang akan kita
relay. Dalam hal ini tentu saja domain yang anda
kelola pada MX1.
Teknik yang lebih jauh lagi dari mas duken
(http://person.olami.net.id/~duken/tutorial/postfix-qmail.html),
beliau menyeleksi bukan hanya berdasarkan domain, tapi
juga memiliki daftar user dan domain yang akan
direlay.
Tapi ini bukan berarti kita create user di MX2 lho.

> Oya, saya juga sudah pernah dpt info dari mas Asfik,
> cuman di pikiran saya masih agak bingung, yaitu
> apakah mail relay/spool
> (infonya mas exploit) bisa juga dikatakan sbg backup
> mail
> yg intinya jika mx1 mati, maka mx2 akan menampung
> sementara email-2 mx1,
> sampai mx1 hidup kembali, maka email-2 tsb baru
> dikirim ke mx1.
> Oya apakah di tempat mas Exploit (maaf saya tdk tahu
> nama anda) ip di mx1
> dan mx2 menggunakan ip luar semua atau bagaimana

Saya tidak tahu apakah skema yang saya sebutkan
kemarin bisa dikatakan sebagai backup server.
Tapi yang jelas MX2 saya (postfix) akan
menampung/meng-queue email yang seharusnya ditujukan
ke MMX1 (qmail) jika MX1 sedang down.
Pada saat MX1 sudah up, maka email2 yang sempat
ngendon tertamping di MX2 akan dikirimkan ke MX1.

MX1 dan MX2 saya sama2 menggunakan IP publik karena
terdaftar entrinya di DNS MX record.

MyNameIsEksploitMlempem

=====
<== EXPLOIT MLEMPEM & EXPLOIT MEJEN ==>
    But don't worry, it's a step to whole one