--- Chris <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> IN    MX    10 mail.xyz.co.id
> IN    MX    20 mail2.xyz.co.id
>
> mail    IN    A    202.155.0.3
> mail2    IN     A    202.155.0.10
>
> Yg saya belum jelas/yakin adalah :
> - Utk mesin MX2(backup mailserver), apakah settingan
> DNS saya sudah cukup,
> atau ada yg kurang.

Kayaknya cukup deh

> - Di mesin MX1, apakah ada settingan khusus, bahwa
> jika mesin MX1 mati maka
> semua email akan lari otomatid re MX2, atau cukup
> set di DNS saja

Cukup set DNS saja

> - Di mesin MX2, apakah semua user mail di MX1 harus
> ada di MX2.

Kalau yang biasa saya pakai seperti ini:
Saya membuat MX1 sebagai real email server yang memang
menangani user mailbox.
Sedangkan di MX2, saya hanya menjadikannya sebagai
relay server (spool only).
Artinya, MX 2 hanya akan menyimpan sementara email2
yang ditujukan ke MX1 ketika MX1 sedang down. Begitu
MX1 hidup lagi, maka email2 yang disimpan di MX2 akan
diberikan ke MX1.
Kata kuncinya adalah "relay server" dan "backup MX"

> - Apakah  ada settingan khusus di mesin MX2, bahwa
> dia baru bisa bekerja
> jika MX1 mati/down.

Setahu saya tidak, karena bergantung kepada DNS.

> Mungkin ada yg sudah coba /share pengalaman

FYI, saya menggunakan qmail sebagai MX1 dan Postfix
sebagai MX2 (inspired by duken).

=====
<== EXPLOIT MLEMPEM & EXPLOIT MEJEN ==>
    But don't worry, it's a step to whole one