On Wed, Jun 23, 2004 at 10:51:36AM +0700, Chris wrote:

> => ya, saya hanya ingin menyimpan mail di mx1, jika mx1 mati maka email
> sementara disimpan di mx2, kemudian jika mx1 hidup lagi, maka email2 di mx2
> di kirim ke mx1, kalau seperti ini yg mesti disetting di mx2 apa saja

Dengan meletakkan domain yang bersangkutan di file rcpthosts.
Ngomong-omong, seberapa krusial sih tingkat downtime yang
diperbolehkan? MTA sekarang, secara default, saya kira masa-hidup
message di queue sudah cukup lama. Dan hati-hati dengan secondary MX
ini, terkadang spammer jika ditolak di primary MX akan menggunakan
"jalan tol" ini :-).

Memang, perdebatan antara yang pro perlunya secondary MX dan yang
tidak masih sering terjadi he he he.

YMMV,

 Asfihani