----- Original Message -----
From: "Fajar NS" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Wednesday, September 22, 2004 4:51 PM
Subject: [tanya-jawab] masalah primary dns

> hi all,
> saya ada problem gini nih
> saya punya domain yg terdaftar di 2 dns server yg keduanya diset sbg
primary

DNS ga ada primary-secondary, adanya master-slave ;-)

> nah masalahnya si GC ini lagi bermasalah, dalam hal tidak bisa mengupdate
> data2 didalamnya
> dan juga tidak bisa dihapus atau dijadikan secondary
> sehingga data2 ns yg didapat oleh dns2 di internet tidak sinkron
> kadang ada yg merefer ke dns yg saya pegang, kadang balik lagi merefer ke
GC
> nah pertanyaannya:
> bagaimana agar seluruh dns2 diluar (internet) merefer ke dns yg saya
pegang?

Di registrant di mana anda mendaftarkan domain anda, buang entry GC dari
daftar server DNS anda.

> sebagai informasi, nomor serial di dns saya sudah lebih besar dari no.
> serial yg di GC
> soalnya AFAIK,jika ada 2 primary dns, yg datanya dianggap valid adalah yg
> nomor serialnya lebih tinggi

Ga juga. Kalau anda punya dua authoritative server, maka client hanya akan
melakukan query ke salah satu, tidak ke dua-duanya.
Serial number berlaku pada kasus sinkronisasi master-slave. Kalau DNS local
anda berperan sebagai master dan GC sebagai slave, dan serial number anda
lebih tinggi, maka GC seharusnya melakukan sinkronisasi dan mengupdate entri
data agar sesuai dengan entri yang anda punya.

Rrgds,

Rizky Prasetya